• 20 September 2021

Kenapa Puyuh Tidak Bisa Terbang

uploads/news/2021/05/alasan-puyuh-tidak-bisa-86336485dbd5124.jpg
SHARE SOSMED

"Meski tidak bisa terbang tapi burung puyuh memiliki paruh pendek yang kuat dan memiliki empat jari"

JAKARTA - Pernahkah sahabat tani melihat burung puyuh terbang tinggi? Berbeda dari burung pada umumnya, burung puyuh tidak membuat sarang di atas pohon, Burung puyuh lebih banyak menghabiskan waktu di permukaan tanah untuk mencari makan dan bertelur. Dalam sekali bertelur, burung puyuh dapat bertelur sebanyak 10 hingga 20 telur sekaligus.

Burung puyuh merupakan satu dari banyak unggas yang memang bisa terbang loh sahabat tani Hanya saja, jarak tempuhnya tidak jauh seperti burung pada umumnya, Itu sebab burung ini memiliki sayap yang pendek yang tidak seimbang dengan tubuhnya yang bulat.

Baca juga: Mantan Jurnalis Sukses Ternak Puyuh

Hal ini disampaikan Aldebaran Santosa, Peternak burung puyuh yang tinggal di Desa Citayam, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat ini menngungkap mengapa sih burung puyuh tidak bisa terbang.

"Burung puyuh itu sebenarnya bisa terbang hanya saja tidak bisa terlalu tinggi karena ukuran tubuh yang kecil dan gemuk dengan kaki yang pendek membuat dia sulit terbang. burung puyuh itu kan berbadan bulat, nah sedangkan sayapnya pendek jadi tidak sepadan, ekornya pun pendek," Pungkasnya.

Meski tidak bisa terbang tinggi, Pria asli Bekasi ini menyampaikan masih banyak keunggulan dan keunikan burung puyuh yang belum banyak diketahui orang. "Burung puyuh ini walaupun tidak bisa terbang tapi dia memiliki paruh pendek yang sangat kuat, serta berjari kaki sebanyak empat," Tambah pria yang akrab disapa Santo itu.

Baca juga: Usaha Ternak Puyuh Tanpa Modal!

Pada dasarnya, paruh burung puyuh digunakan untuk memakan biji-bijian, namun juga sering ditemui burung puyuh memakan serangga dan mangsa lain yang berukuran kecil. Burung puyuh lebih banyak hidup di permukaan tanah, berkemampuan untuk lari, dan terbang dengan kecepatan tinggi meskipun dengan jarak tempuh yang pendek. Namun, khusus burung puyuh Jepang mampu terbang dengan jarak yang lebih jauh dibanding spesies puyuh lainnya.

Keunikan lain burung puyuh adalah burung ini sangat menyukai kebersihan. Burung puyuh aktif selalu menjaga bulunya tetap bersih pada siang maupun malam hari. Di alam liar, burung puyuh dapat bertahan hidup selama 3-5 tahun. Istimewanya lain dari burung ini juga memiliki daya tahan yang tinggi terhadap penyakit.

Baca juga: Peluang Budidaya Puyuh Saat Pandemi

Tak hanya menjelaskan terkait bisa terbang atau tidak saja, Santo juga memberi tahu kepada sahabat tani beberapa manfaat telur serta daging burung puyuh. "Telurnya ini manfaatnya banyak sekali ya, meningkatkan imunitas tubuh, mencegah jantung koroner, memperbaiki sel tubuh yg rusak, membentuk masa otot, baik untuk kesehatan mata, mencegah alergi dan bakteri salmonela, menurunkan resiko tekanan darah, nah kalau dagingnya juga enak kok lebih gurih ketimbang daging burung lain," Tutupnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App