• 31 July 2021

Kehormatan Ayam Jago Tottenham Hotspur

uploads/news/2021/05/ayam-jago-dari-britania-71771fee404f4e6.jpg
SHARE SOSMED

Ayam jago dikenal memiliki kekuatan fisik, daya tahan terhadap pukulan, mental, dan kekuatan serta akurasi pukulan yang baik. Banyak yang mengakui bahwa ayam jago memiliki karakter pejuang yang tinggi.

JAKARTA – Logo seringkali menggambarkan identitas maupun sejarah dari sebuah kelompok. Demikian pula dengan logo milik Tottenham Hotspur, salah satu klub sepak bola asal Tottenham, daerah yang berada di wilayah utara London.

Namun, tahukah Sahabat Tani? Klub sepak bola yang berdiri sejak 1882 ini, ternyata menjadikan Ayam Jago atau Cockerel sebagai maskot utama kebanggan mereka. Klub yang termasuk dalam The Big Six Liga Inggris ini, memiliki sejarah yang panjang hingga terpilihnya ayam jago sebagai simbol utama dari identitas mereka.

Berangkat dari kisah di abad ke-14, pada kala itu ada seorang ksatria bernama Sir Henry Percy atau lebih dikenal dengan Sir Harry Hotspur. Nama Hotspur atau “heeatspore’ ini merupakan sebuah julukan untuknya dari sang musuh, yaitu bangsa skotlandia, dengan sebutan seseorang yang memiliki taji yang menyala-nyala didalam tubuhnya. Hal ini karena ia memiliki jiwa keberanian yang tak tertandingi dalam bertempur. Sir Harry Hotspur melakukan pertarungan tanpa rasa takut dan dengan kecepatan gerakannya yang melesat bagaikan kilat, memiliki jiwa petarung yang tinggi dan dirinya mampu mengendalikan ribuan prajurit saat memimpin pasukannya di medan pertempuran.

Baca jugaMembedakan Ayam Sehat dan Sakit

Atas keberaniannya ini, ia meraih kemenangan telak atas pasukan Skotlandia di bawah Earl of Douglas di Homildon Hill, Northumberland pada tahun 1402. Kemenangannya ini membuat sang Raja memberikan hadiah untuknya berupa wilayah Tottenham di London.

Pada tanggal 5 September 1882, untuk mengenang keberanian dan sebagai ungkapan penghormatan kepada Hotspur, para pendiri klub sepak bola yang dipimpin oleh Bobby Buckle, memilih nama Tottenham Hotspur sebagai nama klub sepak bola mereka, sekaligus terkait dengan visi klub sepak bola yang mereka bangun, yaitu tak kenal takut dan memiliki kemampuan yang hebat. Klub ini memiliki moto Audere est Facere yang berarti “untuk berani diperlukan tindakan”.

Kemudian, Sahabat Tani tentu tak asing dengan logo yang mereka gunakan. Bentuk ayam jantan atau ayam jago terpampang jelas di logo yang mereka gaungkan. Tidak hanya mereka tampilkan dalam bentuk logo, patung ayam jantan juga ada di atas stadium Tottenham Hotspur. Kemudian sang pembuat lambang mengembangkannya dengan membuat cor perunggu berbentuk ayam jago hingga pada akhirnya diletakkan diatas stadion mereka. Dari sini, ayam jantan mendapat kehormatan menjadi lambang klub.

Baca jugaSatwa Liar, Kunci Keberhasilan Pembangunan

Ayam Jago dipilih karena pada kakinya terdapat taji yang dalam bahasa Inggris berarti spurs. Ayam jago dikenal memiliki kekuatan fisik, daya tahan terhadap pukulan, mental, dan kekuatan serta akurasi pukulan yang baik. Banyak yang mengakui bahwa ayam jago memiliki karakter pejuang yang tinggi.

Alasan lainnya mengungkap, Harry Hotspur ternyata menyukai pertarungan ayam jantan. Logo Tottenham Hotspur yang sering Sahabat Tani jumpai itu, merupakan peringatan adu ayam yang disukai oleh Harry Hotspur.

Baca juga : Inilah Pisang Terbesar di Dunia

Comment

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App