• 26 April 2024

Ampuh Sembuhkan Insomnia dengan Kelengkeng

uploads/news/2021/04/ampuh-sembuhkan-insomnia-dengan-847305291587a65.jpg

"Untuk Sahabat Tani yang sedang dilanda Insomnia, mengkonsumsi buah kelengkeng dapat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk membantu Sahabat Tani agar bisa tidur nyenyak di malam hari"

JAKARTA – Siapa nih, Sahabat Tani yang suka dengan buah kelengkeng?

Buah berbentuk bulat yang memiliki rasa manis ini, memiliki khasiat yang sangat kaya untuk kesehatan tubuh manusia loh. Buah tropis yang lezat ini populer sebagai makanan untuk kesehatan karena mengandung asam galat (GA) dan asam ellagic (EA), yang merupakan senyawa fenolik yang diturunkan dari tumbuhan. Kelengkeng juga telah lama digunakan sebagai bahan dalam pengobatan tradisional di Asia karena nilai gizinya.

Buah yang tumbuh di daratan Asia Tenggara ini, mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kelengkeng merupakan sumber vitamin C yang baik, antioksidan yang larut dalam air yang berperan besar dalam memperkuat kekebalan dan menangkal penyakit. Vitamin C memiliki kemampuan ampuh untuk membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

Baca Juga : Industri Cokelat Akan Meningkat Pesat

Selain itu, buah ini juga berkhasiat untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis. Buah kelengkeng kaya akan antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang merusak sel-sel tubuh dan berujung pada penyakit kronis. Mengkonsumsi buah kelengkeng dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menurunkan risiko terserang penyakit kronis.

Di bulan puasa seperti saat ini, tubuh kita juga sangat baik mengkonsumsi kelengkeng untuk memperlancar pencernaan. Karena, baik itu kelengkeng segar maupun kering, keduanya sama-sama memiliki serat. Nah serat ini dapat membantu mengeluarkan kotoran dalam jumlah besar dan membantu pergerakan usus dengan baik. Serat yang terkandung didalamnya membantu meningkatkan bakteri usus, sehingga menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Konsumsi serat juga mencegah masalah pencernaan lainnya, seperti sembelit, diare, sakit perut, kembung dan kram.

Baca Juga : Sulap Kunyit jadi Minuman Kekinian

Kemudian, buah bernama ilmiah Dimocarpus longan ini dapat menurunkan peradangan. Lapisan luar, daging buah dan biji buah kelengkeng memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu penyembuhan luka dan menurunkan peradangan. Sebuah studi penelitian tahun 2012 yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa pericarp (lapisan luar), daging buah dan biji kelengkeng mengandung asam galat, epikatekin, dan asam ellagic, yang menghambat produksi bahan kimia pro-inflamasi seperti oksida nitrat, histamin, prostaglandin dan faktor nekrosis jaringan (TNF) di tubuh manusia.

Baca Juga : Penyeludupan Narkoba pada Buah Delima

Kabar baiknya lagi, dengan mengkonsumsi kelengkeng, dapat mengatasi penyakit Insomnia loh. Siapa nih Sahabat Tani yang sering kesulitan tidur di malam hari?

Untuk Sahabat Tani yang sedang dilanda Insomnia, mengkonsumsi buah kelengkeng dapat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk membantu Sahabat Tani agar bisa tidur nyenyak di malam hari. Buah kelengkeng ternyata mampu memberikan ketenangan saat tidur di malam hari karena memiliki kandungan sifat anti-inflamasi, antioksidan, antivirus dan antibakteri tersebut yang berkontribusi pada masalah kesehatan. Dapat membantu menyembuhkan gangguan tidur seperti insomnia dan membuat orang tidur lebih nyenyak. Hal ini juga digunakan untuk mengobati kondisi kesehatan seperti amnesia dan menenangkan gangguan saraf.

Jadi, jika Sahabat Tani bingung bagaimana mengatasi kesulitan tidur di malam hari, mengkonsumsi kelengkeng dapat menjadi camilan yang tepat.

Baca Juga : Buah-buahan Berkhasiat Kesukaan Rasulullah

Related News