• 29 March 2024

Kurma Rasulullah Tumbuh di Indonesia

uploads/news/2021/04/kurma-rasulullah-tumbuh-di-507056068ee4704.jpg

"Daerah-daerah di Indonesia yang terdapat pohon kurma diantaranya Bekasi, Tasikmalaya, Ciamis, dan masih banyak lagi"

Jakarta – Kurma memang identik dengan bulan Ramadhan dan Lebaran. Buah asal Timur Tengah ini menjadi santapan favorit, baik ketika berbuka puasa maupun waktu sahur. selain itu, bingkisan lebaran pun tak lengkap rasanya jika tak menyertakan buah ini.

Meski Indonesia bukan termasuk negara penghasil Kurma nyatanya pohon kurma yang sulit tumbuh selain di kawasan panas ini, dapat tumbuh subur di sini. Tercatat ada beberapa lokasi tempat di mana buah bernama latin phoenix dactylifera ini tumbuh subur, tiga di antaranya ada di pelataran masjid.

Baca Juga: Fakta Konsumsi Kurma Jumlah Ganjil

Tempat-tempat tersebut mendadak populer dan sebagian di antaranya bahkan menjadi lokasi tujuan wisata di bulan Ramadan.
Menurut Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yuzammi M.sc.

Menjelaskan bahwa kurma “Kurma sekarang sudah bisa ditumbuhkan di Indonesia dan bisa berbuah, Sebetulnya kalau bisa tumbuh sih sudah lama sekali, Tapi kalau bisa berbuah di Indonesia baru-baru ini saja,” Ujarnya kepada Jagadtani,id melalui pesan singkat.

Baca Juga: Sulap Kurma jadi Menu Kreatif

Pohon kurma masuk dalam jenis tanaman yang tumbuh di suhu tropis. Iklim panas membantu pohon kurma tumbuh subur dan berbuah lebat. Jadi tak heran banyak buah kurma yang berasal dari Mesir dan Arab.

Baca Juga: Memilih Nutrisi Tepat Saat Puasa

Tapi tetap, untuk urusan kebutuhan air dan nutrisi, tanaman tersebut tetap memerlukan jumlah yang cukup banyak untuk bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman untuk bisa menghasilkan buah kurma yang baik.

“Apalagi sejak thailand sudah bisa mengembangkan silangannya yang bisa beradaptasi dengan iklim dan tanah di asia. Maka buah yang dihasilkan bisa menjadi manis,” Tambah Yuzammi.

Baca Juga: Buah Kering Pengganti Cemilan Diet

Daerah-daerah di Indonesia yang terdapat pohon kurma diantaranya Bekasi, Tasikmalaya, Ciamis, dan masih banyak lagi.

Related News