• 25 April 2024

Sensasi Wijen Hitam pada Kuliner

uploads/news/2021/04/sensasi-wijen-hitam-pada-516590edfcc4db7.jpg

"Wijen hitam telah banyak dijadikan olahan makanan dan minuman karena rasa dan aromanya yang khas"

JAKARTA – Ukuran boleh kecil, namun biji wijen memiliki nama besar di kuliner Asia. Di Indonesia sendiri, biji wijen sering ditemui pada kuliner-kuliner khas misalnya onde-onde, wingko babat, ting-ting wijen, roti gambang, kue bantal dan masih banyak camilan lainnya yang berselimut wijen.

Selama ini, beberapa masyarakat Indonesia hanya mengenal wijen dengan warna biji putih saja. Padahal, di pasar internasional terdapat dua jenis biji wijen yaitu wijen putih dan wijen hitam. Kedua jenis wijen memiliki kandungan protein yang sama dan kandungan senyawa kimia lainnya yang tidak jauh berbeda.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kurma Ajwa Asli

Nutrisi yang cukup beragam terkandung didalam wijen hitam atau sering dikenal dengan sebutan Black Sesame Seed seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, fosfor, protein, vitamin b6 dan masih banyak lagi. Dengan banyak nutrisi yang terkandung didalamnya, wijen hitam berkhasiat untuk mencegah diabetes, menjaga kulit, melancarkan pencernaan, anemia dan mencegah kanker.

Selain memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, wijen hitam telah banyak dijadikan olahan makanan dan minuman karena rasa dan aromanya yang khas. Di Jepang,wijen hitam sering ditemukan pada taburan di atas sushi. Atau Sahabat Tani juga bisa temukan penggunaan wijen hitam untuk merendam daging dan sayur dalam bumbu, hingga diolah menjadi bubur wijen hitam di negara Korea. Sedangkan di negara India, biji wijen hitam sering dijadikan bahan campuran dengan adonan gula palem yaitu gula merah yang dibentuk bulat untuk dijadikan kudapan. Ada pula Thoiding dan Singju, masakan semacam salad, yang menggunakan wijen hitam sebagai salah satu bahan.

Baca Juga: Resep Bola-Bola Ikan Tongkol

Lalu apa bedanya dengan wijen putih ya, Sahabat Tani?

Perbedaannya terdapat pada kadar abu yang wijen hitam miliki. Pada wijen hitam, kadar abu cukup tinggi daripada wijen putih sehingga membuat biji wijen berubah menjadi warna hitam. Selain itu, wijen hitam beraroma lebih tajam, sedangkan wijen putih memiliki aroma yang lebih wangi dan ringan.

Baca Juga: Resep Menu Sahur Tinggi Protein

Untuk penggunaannya, biasanya wijen putih cenderung digunakan untuk memasak. Rasa gurih dengan aroma wangi yang khas yang dimiliki wijen putih membuat masakan lebih sedap. Sedangkan wijen hitam lebih banyak dimanfaatkan untuk pembuatan kue, meskipun ada beberapa jenis masakan yang memakai wijen hitam.

Related News