• 26 April 2024

Ciri-Ciri Kurma Ajwa Asli

uploads/news/2021/04/ciri-ciri-kurma-ajwa-asli-73332c2bd12cdde.jpg

"Kurma ajwa yang asli memiliki tekstur kerutan yang terlihat lebih banyak pada bagian luar kulit"

Jakarta - Bulan ramadhan adalah bulan yang identik dengan makanan satu ini. Ya, Kurma merupakan salah satu buah kesukaan Rasulullah. Kurma juga sangat dianjurkan untuk berbuka puasa karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Saat ini sudah banyak sekali jenis kurma yang beredar di pasaran, di antaranya kurma ambera, kurma barhi, kurma halawy hingga kurma ajwa. Jenis kurma yang paling disukai Rasulullah adalah kurma ajwa.

“Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Memilih Nutrisi Tepat Saat Puasa

Banyak sekali kandungan yang terdapat pada kurma ajwa ini seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin A, B6, C, E, dan K. Dengan kandungan tersebut, tak heran kurma ajwa laris di pasaran dengan harga yang relatif mahal.

karena itu, banyak pedagang-pedagang nakal yang memalsukan kurma ajawa untuk dijual. Sebagai pembeli, kita harus pintar-pintar dalam membedakan kurma ajwa yang asli dan palsu. Berikut cara membedakannya.

Baca Juga: Fakta Konsumsi Kurma Jumlah Ganjil

Tekstur dan Warna

Kurma ajwa yang asli memiliki tekstur kerutan yang terlihat lebih banyak pada bagian luar kulit. Kemudian dari segi ukuran, kurma ajwa asli memili ukuran sedikit lebih kecil dari kurma pada umumnya.

Membedakan kurna ajwa asli dan palsu juga dapat dilihat pada warnanya. Berbeda dengan kurma pada umumnya yang memiliki warna cokelat dan cokelat tua, kurma ajwa memiliki warna yang hitam pekat, namun ada juga yang warnanya merah.

Memang selain kurma ajwa, ada jenis kurma lain yang memiliki warna hitam, namun tidak sepekat yang terdapat pada kurma ajwa asli. Pedagang biasanya mengakali penjualannya dengan mencampurkan kurma ajwa asli dan kurma biasa.

Baca Juga: Makin Manisnya Buah Kurma

Rasa

Kurma ajwa yang asli biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu manis, sedangkan kurma jenis lain memiliki rasa yang sangat manis. Rasa manis inilah yang biasanya bisa menipu pembeli. Orang akan lebih tergiur dengan rasa kurma yang manis, padahal kurma ajwa asli memiliki rasa yang tak terlalu manis. Sebaiknya beralih ke toko lain jika penjual tersebut menawarkan kurma ajwa dengan rasa yang sangat manis.

Tergiur Harga yang Murah

Kepopuleran kurma ajwa membuat harganya relatif lebih mahal ketimbang kurma yang lain. Untuk satu kilogram buah kurma ajwa yang asli biasanya dibanderol dengan harga Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu. Akan aneh jika ada penjual yang menawarkan harga murah karena bisa jadi dia menjual kurma ajwa yang palsu.

Baca Juga: Sulap Kurma jadi Menu Kreatif

Belilah di toko yang Terpercaya

Selain memperhatikan rasa, tekstur, warna dan harga, akan lebih aman jika kamu berbelanja kurma ajwa ini di toko yang sudah terpercaya menjual kurma ajwa asli. Hal ini tentunya akan mengurangi potensi kamu tertipu saat membeli kurma ajwa. Toko yang sudah terpercaya akan senantiasa menjaga kepercayaan pelanggan dengan menyediakan kurma ajwa yang asli dengan kualitas yang bagus.

Related News