• 19 April 2024

Coklat Kacang Matoa Untung Sangaji

"Biji matoa itu sendiri dapat dijadikan bahan makanan yang enak dan lezat. Teksturnya lembut dan gurih dapat memberikan sensasi berbeda pada coklat"

Merauke - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Merauke, AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum yang memiliki latar belakang pendidikan insinyur terus membuat kejutan kepada masyarakat Merauke, Papua.

Disela-sela tugasnya sebagai seorang pejabat tinggi polisi dan sukses membangun Rumah Industri Polres Merauke berupa kancing baju unik batok kelapa dan minyak kelapa hingga membuat bandeng presto, pria kelahiran Waimital, Kairatu, Seram Bagian Barat, Maluku ini mulai melirik kekayaan flora identitas Papua yakni matoa (pometia pinnata).

Baca Juga: Hari Pohon di Indonesia Timur

Kepada JagadTani.id, Kapolres Merauke yang memiliki nama lengkap AKBP Ir. Ahmad Untung Surianata, M.Hum, mengakui beberapa hari terakhir ini sedang menguji hasil olahan perpaduan coklat yang menghiasi kacang matoa.

Buah matoa termasuk salah satu buah asli Indonesia, Buah ini banyak digemari lantaran rasanya yang lezat dan mirip dengan buah rambutan atau kelengkeng. Di Papua ada dua jenis buah matoa yang diketahui yaitu matoa kelapa dan matoa papeda Perbedaan keduanya dapat dilihat dari tekstur buahnya.

Baca Juga: Pala Siau yang Berkilau

"Setelah berhari-hari mengujinya. Tidak lama lagi saya akan mengolah coklat yang menghiasi kacang matoa," tuturnya kental dengan logat Ambon via telepon.

Jika kacang-kacangan yang superfood dan kaya protein seperti almond, mede, pecan, walnut dan lainnya sudah lama menjadi isian batangan coklat, AKBP Untung Sangaji justru ingin mencoba hal baru dari kacang matoa yang belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau untuk Berbuka

Biji matoa itu sendiri dapat dijadikan bahan makanan yang enak dan lezat. Teksturnya lembut dan gurih dapat memberikan sensasi berbeda pada coklat.

Dengan demikian, Kapolres akan menularkan ilmu tersebut guna membantu peningkatan perekonomian masyarakat.

"Yang pasti (rasanya, red) nikmat sekali, terbaik for katong samua (terbaik untuk kita semua, red)," demikian tandasnya.

Baca Juga: Untung Panjang Kacang Panjang

Related News