• 27 April 2024

Manfaat Kacang Hijau untuk Berbuka

uploads/news/2021/04/manfaat-kacang-hijau-untuk-31721cfb42945de.jpg

"Sahabat Tani bisa pilih menu kacang hijau untuk menjaga berat badan agar tetap ideal"

JAKARTA – Makanan dan minuman manis menjadi santapan yang dinanti saat berbuka puasa. Tidak hanya kolak pisang, makanan tradisional lain seperti bubur kacang hijau sering jadi pilihan masyarakat untuk disantap saat azan Magrib berkumandang.

Di samping rasanya yang enak dan manis, bubur kacang hijau juga kaya akan manfaat bagi tubuh, apalagi disantap untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan. Faktanya, Kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Menurut ahli gizi, Rachel Olsen bubur kacang hijau menjadi hidangan yang disarankan karena nutrisinya yang tinggi dan untuk memastikan tubuh mendapatkan serat yang cukup.

“Hanya minum air atau makan kacang hijau sebetulnya sama-sama berdampak baik untuk kesehatan. Namun makan kacang hijau lebih bermanfaat,” kata Rachel dalam unggahan di media sosial pribadinya.

Baca Juga: Menangkap Peluang Pasar Kacang Hijau

Pertama, ternyata dengan mengkonsumsi kacang hijau dapat membantu melancarkan pencernaan. Saat bulan puasa seperti saat ini, penting bagi orang yang berpuasa untuk memiliki sistem pencernaan yang lancar, terutama karena ada perbedaan dengan jam makan sehari-hari serta tubuh kita membutuhkan serat yang cukup untuk pencernaan.

Nah, Kacang hijau dapat menjadi salah satu pilihannya karena memiliki kandungan serat makanan dan pati yang cukup tinggi sehingga dapat membantu memperlancar pencernaan serta membantu memberi nutrisi bagi bakteri baik yang terdapat dalam usus kita. Kacang hijau termasuk sumber protein nabati terbaik karena diperkaya beberapa asam amino esensial.

Baca Juga: Herba Pembuat Masakan Tambah Lezat

Kedua, selain baik untuk pencernaan, kacang hijau dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Didalamnya terdapat kandungan antioksidan serta nutrisi bersifat antiradang. Dengan adanya kedua kandungan ini, dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Tidak hanya baik untuk jantung, kacang hijau juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kolesterol LDL.

Baca Juga: Menanti Tempe dari Kacang Tunggak

Selain itu, Sahabat Tani bisa pilih menu kacang hijau untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Serat yang terkandung didalam kacang hijau ini mampu membuat perut kita lebih cepat kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Maka dari itu, Sahabat Tani dapat mampu mengontrol nafsu makan dan tidak mengonsumsi makanan yang berlebihan, apalagi sudah memasuki waktu berbuka puasa.

Kemudian, bagi Sahabat Tani yang tinggal di daerah dengan suhu udara yang cukup panas, sangat baik untuk mengonsumsi kacang hijau karena kandungan antioksidan vitexin dan isovitexin dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang terbentuk saat pitam panas.

Baca Juga: Tauge Alami dari Kismoyoso

Lebih lanjut Rachel menjelaskan, asupan bubur kacang hijau bisa dikonsumsi 1-2 kali sehari. Selain makan kacang hijau, pastikan Sahabat Tani mengonsumsi asupan lain untuk menjaga kecukupan nutrisi harian.

Related News