• 25 April 2024

Ganti Gula dengan Pemanis Alami

uploads/news/2021/04/ganti-gula-dengan-pemanis-79428691f428526.jpg

"Beberapa bahan alami yang bisa Sahabat Tani coba sebagai pengganti gula pasir adalah kurma, madu, sirup maple, gula kelapa, pisang"

JAKARTA – Jika Sahabat Tani mulai menerapkan pola makan yang sehat, maka Sahabat Tani bisa mulai dari hal terkecil terlebih dahulu, salah satunya dengan mengganti gula yang ada di atas meja makan dengan pemanis alami. Pemanis alami ini dapat ditemukan dari buah-buahan. Bahan manis yang alami ini tentunya lebih baik bagi kesehatan dibandingkan dengan gula pasir atau gula rafinasi. Karena, terlalu banyak mengkonsumsi gula pasir dapat menyebabkan berbagai pemasalahan tubuh seperti obesitas (kegemukan), diabetes, gula darah, tekanan darah tinggi bahkan dapat menyebabkan penyumbatan terhadap arteri.

Baca Juga: Cara Membuat Beras Kencur Sendiri

Beberapa bahan alami yang bisa Sahabat Tani coba sebagai pengganti gula pasir adalah kurma, madu, sirup maple, gula kelapa, pisang. Sebetulnya masih banyak sekali buah-buahan yang bisa Sahabat Tani gunakan.

Pertama, Sahabat Tani dapat mengganti gula pasir dengan kurma. Rasa manisnya yang khas dan rasanya yang seperti caramel ini, memiliki sumber nutrisi yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, selenium, potassium, tembaga dan magnesium. Kurma juga memiliki serat yang cukup tinggi, antioksidan, gula terutama glukosa dan fruktosa yang rendah lemak.

Kalau Sahabat Tani suka dengan salad atau smoothie, kurma bisa dijadikan alternatif sebagai pemanisnya. Atau bisa juga sebagai pemanis bumbu yang dipanggang dan bumbu perendam. Caranya, Sahabat Tani bisa rendam kurma didalam air panas terlebih dahulu, lalu ketika sudah melunak, haluskan dalam blender bersamaan dengan satu sendok makan air mineral.

Baca Juga: Cascara, Teh Sejuta Rasa

Kedua, Sahabat Tani bisa menggunakan madu sebagai pemanis alami. Faktanya, sejak zaman dahulu madu telah digunakan sebagai pemanis hampir seluruh makanan karena memiliki fruktosa yang cukup tinggi. Dan ternyata, madu memiliki 25 persen rasa manis yang jauh lebih pekat dibandingkan gula pasir. Didalamnya terkandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam organik dan asam mineral yang dapat menyehatkan tubuh. Sahabat Tani bisa gunakan madu sebagai campuran pada teh, kopi, sereal dan masih banyak lagi.

Lalu, ada pemanis alami sirup maple, cairan kental yang dibuat dengan merebus getah yang dikumpulkan dari buah maple ini memiliki kandungan sebagai antioksidan, antikanker, antibiotik, dan lain-lain. Biasanya, orang-orang menggunakan sirup maple pada campuran oatmeal, panekuk, ayam, adonan kue, the, kopi, sayuran, yoghurt tawar, salad, atau bisa juga sebagai saus salmon.

Baca Juga: Menjaga KElestarian Manisnya Jeruk Sitompu

Kemudian ada gula kelapa dan pisang. Kedua jenis buah ini tentu sudah sangat sering digunakan sebagai pemanis alami. Gula kelapa bahkan bisa digunakan pada semua jenis makanan, sedangkan pisang yang memiliki kandungan kalium, vitamin C, serat dan magnesium, dapat dijadikan campuran pada oatmeal. Cukup haluskan pisang dengan blender, lalu campurkan pada hidangan oatmeal. 

Baca Juga: Fermentasi Buahh yang Dapat Memabukan

Related News