• 29 March 2024

SEAMEO Biotrop Kembangkan Minyak Asitri

uploads/news/2021/04/seameo-biotrop-kembangkan-minyak-15353167d6a47a7.jpg

"Dr. Zulhamsyah berharap melalui penelitian minyak atsiri ini dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang kini terjadi di dunia"

BOGOR - Southeast Asian Regional Center for Tropical Biology (SEAMEO Biotrop) telah memberikan kontribusi untuk pengembangan pendidikan tinggi maupun pendidikan dasar dan menengah di seluruh wilayah Indonesia.

SEAMEO Biotrop telah membina lebih dari 100 SMK di seluruh Indonesia untuk mendukung program SMK dan ketahanan pangan, bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan SMK Kemendikbud. Bahkan, Sekretaris Jenderal Kemendikbud saat itu, Didik Suhardi, menurut Irdika, mendorong agar SEAMEO mengembangkan program buah tanpa musim di sekolah.

Baca Juga: Jaga Stok Pangan Jelang Ramadhan

Sejak 2018, SEAMEO Biotrop telah melatih dan membangun kebun buah di 36 SMK Pertanian, mulai dari Aceh sampai Papua, melalui smart be program. SEAMEO Biotrop sebagai pusat penelitian regional dan teknologi bidang biologi trofika saat ini tengah mengembangkan penelitian dalam hal pemanfaatan minyak atsiri sebagai produk kesehatan.

Direktur SEAMEO Biotrop, Dr. Zulhamsyah Imran mengatakan, minyak atsiri merupakan bahan alami yang dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Di antaranya dapat mengobati stres, sakit kepala atau migrain, mengatasi gangguan tidur, mengurangi peradangan dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Selain itu, minyak atsiri atau dikenal juga sebagai minyak esensial juga bermanfaat bagi sistem limbik yang berperan penting pada sistem pernafasan, detak jantung, dan tekanan darah.

Baca Juga: Kementan Tambah Alokasi Pupuk Bersubsidi

Hal itu diungkapkan Dr. Zulhamsyah disela peringatan HUT SEAMEO Biotrop ke53 di gedung Bundar, kompleks perkantoran SEAMEO Biotrop di Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/4).

Dr. Zulhamsyah berharap melalui penelitian minyak atsiri ini dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang kini terjadi di dunia. Maka itu, lanjutnya, pihaknya memperkenalkan manfaat dari minyak atsiri sebagai terapi alternatif bagi beberapa penyakit dan metode pengobatan alternatif bagi Covid-19.

Baca Juga: Siasat Tepat manfaat Telur Membludak

Pengenalan itu salahsatunya melalui acara webinar, yang merupakan rangkaian peringatan HUT SEAMEO Biotrop. Pesertanya dari peneliti, dosen, mahasiswa, guru SMU dan SMK dan masyarakat umum.

Related News