• 29 March 2024

Tips Mudah Membuat Jamu Pahitan

uploads/news/2021/04/tips-mudah-membuat-jamu-99337fe7d269f0e.jpg

"menurut saya dari semua jamu yang saya jual, ramuan ini yang manfaatnya paling banyak"

Jakarta - Jamu pahitan memang memiliki rasa seperti namanya, yaitu pahit yang menyengat di lidah, maka dari itu banyak orang menghindari jamu jenis ini. Tetapi, tahukah sahabat tani bahwa jamu pahitan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita?

Jamu pahitan terbuat dari berbagai macam tumbuh-tumbuhan herbal, termasuk sambiloto dan brotowali yang sangat bermanfaat. Walau memiliki rasa yang pahit, ternyata khasiat jamu pahitan sangat berguna bagi tubuh kita.

Baca JugaCara Membuat Kunyit Asam Sendiri

Seperti yang dijelaskan oleh Umi Hidayati, Penjual jamu yang tinggal di Jalan Hamim, RT 03/ RW 02, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan ini menjelaskan beberapa manfaat jamu pahitan untuk Kesehatan.

“Jamu pahitan ini paling bagus untuk menjaga kekebalan tubuh karena dia kaya akan antioksidan kalau orang rata-rata mesen ini karena untuh imun, memang dia paling ampuh apalagi saat ini lagi musim virus,” Pungkasnya kepada Jagadtani.id belum lama ini.

Umi juga menambahkan, banyak pelanggannya yang menderita penyakit gatal-gatal dan sembuh karena minum ramuan oahit ini. “menurut saya dari semua jamu yang saya jual, ramuan ini yang manfaatnya paling banyak, bisa untuk kolesterol, gatal-gatal, pegal-pegal, bahkan sampe menghilangkah bau badan,” Ungkapnya.

Baca JugaCara Membuat Beras Kencur Sendiri

Selain memberi tahu sejuta manfaat pada jamu pahitan, tak lupa Umi juga memberi tips mudah untuk membuatnya. “buatnya mudah sekali, semua bahan seperti sambiloto, brotowali, jahe, gula merah di rebus dan di godok lalu airnya di tuang ke wadah dan siap diminum, gampang kan? paling susahnya karena bahannya yang harus dibeli di daerah-daerah jawa, seperti sambiloto, itu saya beli di wonogiri pada saat pulang kampung,” Jelasnya.

Meski rasa pahitnya tak hilang-hilang, banyak konsumen yang mencarinya sehingga jamu ini hampir selalu disediakan oleh semua tukang jamu keliling. Ada beberapa upaya yang dilakukan orang untuk mengurangi rasa pahit ramuan sambiloto. Rasa pahit jamu ini tidak bisa ditawarkan dengan menambahkan gula, karena tidak banyak bedanya.

Baca JugaTips Membuat Bibit Jahe Sendiri

Ada yang berupaya memadukan jamu sambiloto dengan pemanis yang sangat tinggi kadar manisnya, seperti stevia. Menurut Umi, saat ini sudah banyak yang memproduksi kapsul sambiloto sehingga konsumen dapat memetik manfaatnya namun terhindar dari merasakan pahit yang luar biasa.

Ramuan ajaib ini memang bermanfaat untuk mengusir racun dalam tubuh, Nikmat diminum dalam keadaan hangat maupun dingin, jamu sinom juga berkhasiat untuk membantu pemulihan kesehatan, menurunkan resiko hepatitis C, dan mengurangi peradangan lambung.

Baca JugaAtasi Masalah Perut dengan Kedawung

Related News