• 19 April 2024

Pemanfaatan Embung Untuk Budidaya Ikan

"benih ikan nilem bantuan KKP ditebar ke sejumlah embung yang ada di Kabupaten Klaten"

Klaten - Embung merupakan tempat penampungan air yang berfungsi sebagai sumber suplai air bagi lahan pertanian. Selain itu, embung juga bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan dan berpotensi juga menjadi objek wisata.

Seperti embung yang ada di Desa Karangasem, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Embung milik pemerintah daerah ini dimanfaatkan semaksimal mungkin. Tak hanya sebagai suplai air lahan pertanian, namun juga untuk budidaya ikan.

Baca Juga: Gemilang Sistem Intensif Budidaya Udang

Baru-baru ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membantu 500 ribu benih ikan nilem untuk ditebar di sejumlah embung yang ada di Kabupaten Klaten, termasuk embung yang ada di Desa Karangasem.

Dirjen Perikanan Budidaya, KKP, Slamet Soebjakto, mengatakan, penebaran ikan dilakukan secara bertahap. Tebar benih ikan digalakkan oleh pemerintah guna menjaga ketahanan pangan.

"Tebar benih ikan bertujuan untuk mengembangbiakkan ikan nilem, sebab ikan jenis ini hampir punah. Ikan ini dapat berkembangbiak secara cepat, disamping itu rasanya juga gurih dan lezat jika dikonsumsi," ujarnya di Klaten, baru-baru ini.

Baca Juga: Langkah Mendorong Industri Pengolahan Ikan

KKP berharap dengan budidaya ikan dapat membantu untuk meningkatkan tingkat konsumsi di masyarakat. Sebab, tingkat konsumsi makan ikan secara nasional masih sangat rendah yakni 53 kilogram per kapita per tahun.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan benih ikan nilem bantuan KKP ditebar ke sejumlah embung yang ada di Kabupaten Klaten. Setiap embung mendapat jatah 100 ribu benih ikan. Budidaya ikan diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Baca Juga: Meraup Untuk dari Perikanan Budidaya

"Terimakasih kepada KKP yang telah peduli memberikan perhatian dan bantuannya kepada kami, Pemerintah Kabupaten Klaten. Semoga budidaya ikan nilem ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Camat Cawas, Prihadi, menambahkan, awal mula pembangunan embung di Desa Karangasem adalah untuk penampungan air dan menanggulangi banjir yang diakibatkan tanggul jebol. Namun kedepan juga akan dikembangkan untuk sektor pariwisata, selain untuk budidaya ikan.

Baca Juga: Budidaya Gurame Ala Petani Millenial

"Embung di Desa Karangasem saat ini banyak dikenal masyarakat luas karena memiliki panorama yang indah. Selain dimanfaatkan untuk budidaya ikan, embung ini juga berpotensi untuk destinasi wisata," imbuhnya.

 

Related News