• 28 September 2021

Viral! Cacat Heterokromik Pembawa Berkah

SHARE SOSMED

Tofu, kucing cantik dengan mata uniknya yang memukau ini bahkan sampai viral di jagat maya.

JAKARTA - Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dijadikan peliharaan oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Tak jarang, ada saja kelakuan lucu darinya yang membuat kita gemas dan terhibur.

Namun, beberapa kucing nyatanya berhasil menarik perhatian orang-orang.

Tofu, kucing milik keluarga Nawiroh Vera, memiliki tampilan yang sangat unik.

Baca juga: Maine Coon, Si Kucing Raksasa

Kedua mata Tofu memiliki warna mata yang berbeda, dengan mata kanannya yang berwarna biru, dan mata kirinya berwarna kuning.

Kucing cantik dengan mata uniknya yang memukau ini, bahkan sampai viral di jagat maya.

Dirinya berhasil memikat hati beberapa brand ternama hingga menjadi “seleb cat”.

Vera menceritakan, tofu menjadi viral karena hasil foto sang anak yang mengunggahnya di akun Twitter pribadinya.

Ia mengaku, suaminya yang biasanya ibadah di masjid, akibat pandemi mengharuskannya ibadah di rumah bersama keluarganya.

Tofu yang tak mau diam, ikut mengganggu keluarganya saat beribadah.

Daripada tak bisa diam, anak saya kasih sajadah kecil, lalu dia duduk diatas sajadah kecilnya, kemudian jadi ikutan sholat sama kita. Memang tidak mengikuti gerakan kita, tapi dia tenang banget diatas sajadah. Kemudian anak saya foto dan masukan ke Twitter, akhirnya malah viral,” ujar Vera saat dihubungi Jagadtani.id lewat sambungan telepon belum lama ini.

Ribuan likes, retweet, dan komentar, memenuhi akun Twitter pribadi milik anaknya bernama @fahmitsu.

Tak sedikit juga yang menanyakan akun instagram sang kucing dan setelah viral, jumlah followers akun Instagram bernama @tofu_neko itu pun ikut membludak.

Kemudian di endorse sama burger king, royal canin, sudah jadi seleb cat dia. Instagramnya banyak yang follow, sampai kalah saya dengan followersnya Tofu,” ujar Vera sembari tertawa.

Tak hanya aksi Tofu yang menggemaskan, banyak warganet yang salah fokus dengan matanya yang memiliki warna berbeda.

Mata heterokromatik miliknya itu, semakin membuat orang-orang tertarik.

Kucing dengan cacat heterochromia ini disebabkan, karena adanya kelainan pigmen warna pada iris yang seharusnya memberikan warna pada mata.

Vera menceritakan, pertemuan dengan Tofu berawal dari tawaran teman sang anak yang menemukan bayi kucing di salah satu supermarket.

Rasa ibanya pun hadir, hingga memutuskan untuk merawat kucing tak berinduk itu.

Pada saat itu masih kecil sekali, masih bayi kira-kira umur satu bulan. Karena kasihan, temannya ini meminta anak saya untuk merawatnya. Dia meminta izin kepada saya dan karena saya kasihan juga dengan kucing tersebut, akhirnya saya mengizinkan,” jelas wanita yang juga Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Budi Luhur ini.

Tofu waktu itu sempat sakit parah, lalu kami rawat sampai sehat. Kemudian karena warna dia ini putih semua, makanya dinamakan Tofu, seperti tahu,” tambahnya.

Vera mengaku, sejak Tofu masih bayi, belum terlihat jika ia akan memiliki cacat heterochromia.

Berdasarkan pengalaman saat mengamati kucingnya, penyakit heterochromia ini baru akan terlihat saat kucing telah tumbuh beberapa bulan kemudian.

Waktu bayi itu, justru belum kelihatan kalau dia akan heterochromia. Tapi kata dokter, memang dari bayi sudah ada tanda-tanda kalau kucing ini matanya akan heterochromia. Dan seiring waktu, tiba dimana matanya itu jadi berbeda seperti itu, jadi cantik warnanya. Tambah menarik,”

Vera juga menceritakan, saat merawat Tofu ia dan keluarganya belum mengetahui dengan pasti jenis kucing yang satu ini.

Berangkat dari hasil obrolan dengan beberapa temannya yang paham mengenai kucing, Vera baru mengetahui bahwa Tofu merupakan kucing jenis khao manee.

Jadi kucing khao manee ini kucing yang dipelihara oleh raja-raja di Thailand. Heterokromik warna putih ini menurut kepercayaan mereka itu, membawa berkah rezeki tersendiri dan lainnya. Kucing ini dianggap berkah, karena memang langka keberadaannya. Lalu tahun 70-an, orang-orang Amerika akhirnya membawa kucing ini keluar dari Thailand kemudian berkembang biak di seluruh dunia,” jelas Vera.

Merawat Tofu dari bayi hingga mencapai umur 2,5 tahun sampai saat ini, membuat Tofu dekat dengan seluruh anggota keluarganya.

Baca juga: Tips Jitu Merawat Bulu Kucing

Kalau dari hasil perbincangan juga, harga kucing ini bahkan bisa-bisa dihargai ratusan juta. Tapi anak saya bilang, sampai ditawar Rp 1 miliar pun tidak akan dijual, karena begitu sayangnya dengan Tofu,” ungkap Vera.

Berbagi dan berbuat kebaikan tak hanya kepada sesama manusia, bahkan penting untuk ikut mengasihi kepada makhluk hidup lainnya.

Melihat Tofu, kucing yang awalnya tak berdaya itu, membuat Vera percaya, kebaikan akan selalu menyertai orang-orang berlaku demikian.

Semakin kita peduli dengan hewan, rezeki justru datang dengan mudah, bisa datang dari mana saja. Ada saja rezeki itu. Ya seperti tadi, tiba-tiba ada endorse dan sebagainya,” tutupnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App