• 17 September 2021

Kelebihan Menanam Bawang Secara Hidroponik

SHARE SOSMED

"di dalam screen house ini kita menanam bawang untuk menghindari curah hujan di kota bogor"

Jakarta – Bawang merah di masa pendemi ini menjadi salah satu bahan dapur yang sangat tinggi harga dan juga sangat di cari di pasaran sehingga membuat para petani bawang merah banyak yang mengalami kendala. salah satu nya karena waktu penanaman yang lumayan lama dan curah hujan yang tinggi, dikarenakan bawang merah jika terlalu lembab mengakibat busuk.

Sampai pada akhirnya dibuatlah terobosan baru yaitu menanam dbawang merah dengan sistem hidroponik dan salah satu petani yang menerapkannya adalah Titin, Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) di Baranangsiang, Kota Bogor. Titin salah satu anggota KWT membangun screen house yang dibentuk oleh bank Indonesia tujuannya agar masyarakat setempat bisa merasakan bercocok tanaman walaupun di tengah–tengah kota.

Baca JugaAgar Bawang Merah Tidak Busuk

“di dalam screen house ini kita menanam bawang untuk menghindari curah hujan di kota bogor. Kalau semakin banyak terkena hujan bawang merah ini akan busuk maka dari itu ini salah satu urban farming yang kita coba terapkan di kota bogor agar kita bisa bercocok tanam bawang merah di kota bogor, Luas screen house ini 400 meter persegi kita memiliki 1000 dutch bucket atau lubang tanam masing-masing lubang tanam nya 500 – 800 gram bawang merah” ujar Titin saat ditemui Jagadtani.id Belum lama ini.

Teknologi yang di gunakan oleh Titin dan kawan-kawan ialah menggunakan dutch bucket sistem kemudian di kombinasi dengan wik sistem dan kapilaritas untuk menjaga kelembaban media bawang itu sendiri sehingga bawang tidak mudah basah terkena air nutrisi. “Masa tanam bawang merah hidroponik 60 -75 hari,” Tambahnya.

Baca Juga: Untung Rugi Petani Bawang Merah

Nutrisi bawang merah hidroponik itu terdiri dari A dan B, nutrisi A adalah nutrisi yang mengandung unsur makro tanaman salah satunya embyen, dan nutri nitrogen yang dibutuhkan dalam jumlah banyak untuk tanaman itu sendiri. Nutrisi B adalah nutri mikro dari tanaman yang butuhkan dalm jumlah sedikit.
“Nah untuk membudidayakan tanaman bawang kita akan kombinasikan antara nutrisi A dan nutrisi B dengan konsentrasi 1200 FPN untuk mendapatkan konsentrasi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bawang,” Pungkas Titin.

Baca JugaMengenal Varietas Bawang Merah Unggulan

Bawang merah hidroponik ini ditanam dengan media tanam cocopeat. pembibitan dari bawang yang sudah tua dan matang, dipotong atasnya sedikit lalu di simpan didalam media cocopeat, kemudian tunggu kurang lebih selama dua minggu mereka akan muncul daun yang baru.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App