• 27 April 2024

Mengintip Kolam Koi di Kecamatan

"Marse juga ingin kolam koi yang ada menjadi prototipe bagi warga yang ingin mengetahui cara budidaya koi"

BOGOR - Ikan koi merupakan spesies ikan Cyprinus rubrofuscus yang memiliki daya tarik dari warna indah dan jinak. Karena itu, koi banyak diminati dan dipelihara baik dirumah atapun tempat wisata.

Seperti di taman yang berada di belakang Kantor Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Keberadaan kolam koi disana menambah suasana menjadi sedap dipandang mata.

Sembari menunggu akses pelayanan di kecamatan, warga bisa dengan nyaman duduk di taman tersebut sambil mendengar gemericik air yang mengalir ke aliran kolam.

Baca JugaKeramba Terbuka Solusi Sampah Irigrasi

Camat Bogor Utara, Marse Hendra Saputra mengatakan dirinya memang memanfaatkan sebagian lahan taman menjadi kolam koi. Awalnya ia hanya menebar beberapa ekor koi dewasa.

Namun seiring berjalannya waktu, ikan-ikan berkembang biak dengan sendirinya dan menetaskan sejumlah anakan koi. Iapun harus membuat sekat kolam menjadi beberapa bagian untuk memisahkan anakan koi.

"Iya, semuanya ini dari kecil usianya beragam ada yang sudah dua bulan ada yang baru beberapa minggu," kata Marse kepada Jagadtani.id belum lama ini.

Mantan kepala bidang pemadam kebakaran itu mengaku tidak mengetahui tentang cara berkembang biak koi. Sebab, ia awalnya hanya senang mendengar suara gemericik air yang jatuh ke kolam.

Disamping itu, keberadaan kolam di taman untuk menambah suasana agar semakin nyaman bagi warga yang datang ke kantor Kecamatan Bogor Utara.

Baca JugaMemilih Mas Koki yang Sehat

"Kalau disebut hobi koi enggak juga, cuma senang suara air saja saya, jadi tenang, warga juga jadi ada tempat yang nyaman," katanya.

Selain membuat sekat, Marse mengatakan, kolam juga perlu ditaruh ikatan-ikatan tali rafia sebagai tempat menempel telur koi nantinya. Keberadaan telur bisa ditandai dengan bintik-bintik putih di tali rafia.

"Kalau sudah ada telur diangkat dan dipindah ke kolam yang ada di sana, setelah sebulan baru pindah lagi ke kolam di sini," kata Marse.

Kedepannya, Marse juga ingin kolam koi yang ada menjadi prototipe bagi warga yang ingin mengetahui cara budidaya koi. Nantinya budidaya koi bisa dikelola oleh koperasi yang juga dijalankan warga untuk menunjang kesejahteraan mereka.

"Planning saya begitu, kedepannya ini bikin koperasi, supaya ini bisa berlanjut terus untuk menunjang kesejahteraan masyarakat," tukasnya.

Baca JugaIkan Koi yang Tak Tergantikan

 

Related News