• 18 April 2024

Persiapan Keamanan Laut Lampu Satu

uploads/news/2021/02/persiapan-keamanan-laut-lampu-44297b1e4d2e93c.jpg

Jangan tiba-tiba kita standby di darat malah kita tidak bisa lari (mengejar ketika ada kecelakaan laut, red). Sekaligus saya membaca alur dermaga pelayaran kapal.”

MERAUKE - Minggu (22/2) siang, Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji, terlihat tengah bersiap-siap mengendarai jet ski bertenaga mesin 1.800 cc di Perairan Lampu Satu, Merauke.

JagadTani.id pun turut mengikuti perjalanan menyusuri pasir pantai yang bercampur lumpur mulai dari air setelapak kaki hingga air di atas lutut tersebut.

Perjalanan tersebut dimulai dari jarak satu setengah kilometer lebih dari bibir pantai lampu satu, lalu berjalan kaki melawan ombak-ombak kecil hingga menemukan titik perairan disitu jetski dinyalakan.

Baca juga: Kancing Kelapa Buatan Gadis Asmat

Meski jetski sempat harus didorong oleh kapolres beserta sejumlah anggotanya dari bibir pantai menuju tepian air laut, namun napak tilas menyusuri bibir pantai Lampu Satu tersebut berjalan lancar.

AKBP Untung Sangaji menuturkan, alasan dirinya berselancar dengan jetski bertujuan untuk membaca peta pengamanan di perairan laut Merauke dalam rangka menyambut lomba paralayang dan paramotor Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang direncanakan Oktober 2021 mendatang. 

Saat ini kita harus turun membaca peta pengamanan alur laut. Kalau nanti peserta dia nyasar di laut, di mana, dan sebagainya. Dengan ini kita tahu jetski harus (berada, red) di mana dengan Basarnas,” ungkapnya. 

Ia mengatakan, nantinya TNI Angkatan Udara DMA Merauke akan bertindak sebagai penyelenggara lomba paralayang dan paramotor PON XX tahun 2021.

Baca juga: Cerita Pemanfaatan Kelapa di Merauke

Meski demikian, Polres Merauke melalui Satuan Polair tetap harus siap bersama-sama dengan Basarnas di Merauke untuk menjamin keamanan bagi para atlet paralayang dan paramotor.

Selain itu, pihaknya ingin membaca alur dermaga pelayaran kapal di Merauke.

Jangan tiba-tiba kita standby di darat malah kita tidak bisa lari (mengejar ketika ada kecelakaan laut, red). Sekaligus saya membaca alur dermaga pelayaran kapal,” tutupnya.

Related News