• 20 April 2024

Rahasia Lobster Air Tawar Energik

"daun dari pohon buah bernama ilmiah Mangifera kemanga tersebut sangat berguna untuk pakan lobster air tawar"

BOGOR - Bagi sahabat tani pecinta makanan Sunda pastinya tidak asing dengan sajian lalapan. Salah satunya adalah daun kemang yang masih muda (kuncup). 

Namun, di mata Aji Tribusono Wibowo, daun dari pohon buah bernama ilmiah Mangifera kemanga tersebut sangat berguna untuk pakan lobster air tawar. 

Bahkan daun kemang diklaim bisa membuat hewan yang memiliki sepasang capit itu lebih energik. Lantas bagaimana daun kemang itu bisa menjadi pakan lobster?

Baca JugaMenyelamatkan Hampir Sejuta Benih Lobster

Aji bercerita daun kemang bisa menjadi pakan berawal dari ketidaksengajaan dalam perjalanan membudidayakan lobster yang dimulainya sejak 2019 lalu. 

Ia mengatakan, Kebetulan di area lokasi budidaya yang berada di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat tersebut, terdapat satu pohon kemang  

"Ini faktor tanpa kesengajaan. Awalnya memang saya tidak tahu. Namun ternyata daun kemang yang jatuh ke kolam sangat berguna bagi lobster," ujarnya kepada Jagadtani.id, belum lama ini. Dari hasil pengamatan sekian waktu itu, ia melihat keberadaan daun di kolam tak hanya dijadikan tempat berlindung, namun dimakan anakan lobster yang berumur satu minggu. 

"Nah, setelah diamati lebih jauh, usai memakan daun tersebut anakan lobster menjadi lebih energik. Jadi sifatnya enggak lemas," sambung Aji.

Selain itu, dari pengalaman Aji selama ini, lobster setelah diberikan pakan daun kemang menunjukkan angka harapan hidupnya lebih besar dari target rata-rata penetasan.  

"Misalnya, 200 telur yang menetas jumlahnya itu hampir jadi semua. Kalaupun ada selisih sekitar 70% lebih lobster hidup," ungkapnya. 

Menurut Aji, pakan alami ini tak hanya untuk anakan lobster, tapi juga bisa diberikan kepada lobster dewasa yang berumur satu sampai dua bulan. 

Baca JugaPerlunya Perikanan Berbasis Ilmu Pengetahuan

Hasilnya menurut pria berusia 45 tahun itu, cukup bagus, baik dari sisi pertumbuhan lobster maupun warnanya akan terlihat lebih cerah tidak pucat.  

Aji lanjut menjelaskan, daun kemang yang digunakan untuk pakan lobster adalah daun kering jatuhan langsung dari pohon bukan hasil petikan. “Yang jelas untuk pakan lobster ini, bukan daun yang hijau tapi daun kering. Itu (daun jatuh) diambil dan bisa langsung dimasukan ke kolam," paparnya.

Lobster juga sangat rakus melahap helai daun sehingga akan menyisakan tulang daun. Sisa tulang daun ini boleh diangkat atau dibiarkan saja hingga lapuk tidak akan berpengaruh kepada air menjadi bau. 

Dia membenarkan bahwa saat ini daun kemang kering menjadi pakan utama lobster. Untuk pelet sendiri tetap memberikan biasanya dua atau tiga hari sekali dengan takaran ala kadarnya. 

Baca JugaLobster, Seafood Bernilai Ekonomi Tinggi

Aji menambahkan, struktur daun kemang yang keras juga sangat bagus untuk pertumbuhan cangkang lobster itu sendiri. “Faktor itu bisa juga membentuk cangkang luar lobster semakin keras. Ini yang saya alami," tutupnya. 

Related News