• 29 September 2021

Arti Warna Buah dan Sayuran

uploads/news/2021/02/arti-warna-buah-dan-4997100aa186f8f.jpg
SHARE SOSMED

Buah-buahan dan sayuran, memiliki warna tertentu yang secara unik dan bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh dengan caranya sendiri.

JAKARTA - Sejak dulu warna diketahui mempunyai pengaruh terhadap manusia, namun baru belakangan berhasil dimanfaatkan secara luas.

Pada setiap warna, mempunyai karakter dan sifat yang berbeda-beda.

Sama halnya yang terjadi di buah-buahan dan sayuran.

Buah-buahan dan sayuran, memiliki warna tertentu yang secara unik dan bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh dengan caranya sendiri.

Baca juga: Buah-buahan Wajib saat Imlek

Semakin banyak variasi warna buah dan sayuran yang dimakan, semakin banyak asupan fitokimia dalam diet harian Sahabat Tani.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat dari warna buah dan sayuran tertentu, berikut penjelasannya:

Hijau

Warna hijau pada brokoli, kale, daun selada, dan bayam, sangat baik untuk sistem peredaran darah karena mengandung mineral dan vitamin B kompleks.

Beberapa jenis fitokimia dalam makanan hijau seperti sulforaphane dan indoles merupakan senyawa anti kanker yang kuat.

Disamping mengandung isothiocyanate yang berkhasiat merangsang label pembuat komponen untuk memecah unsur kimiawi penyebab kanker.

Kandungan klorofil sangat berguna untuk perlindungan antioksidan, semakin hijau warna yang terdapat pada sayur mayur maka lebih bagus.

Merah

Warna merah yang ada pada tomat, semangka, dan kubis merah, anggur merah, strawberry, cherry (kersen), semangka, apel, paprika merah, dan bit, mengandung banyak fitokimia yang berguna untuk mengurangi dampak kerusakan tubuh akibat radikal bebas.

Fitokimia yang disebut lycopene, merupakan sumber warna yang bermanfaat untuk mencegah masalah prostat, dan mengurangi efek kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Pada warna merah yang lebih didominasi oleh sayur mayur, kandungan pigmen yang terdapat di dalamnya sangat bermanfaat untuk melawan penyakit dan likopen (zat) yang memiliki peran menjaga kesehatan sel serta mengurangi resiko penyakit kanker.

Oranye

Warna oranye yang ada pada wortel, jeruk, labu, ubi jalar, aprikot, melon, papaya, kubis, mangga, dan apricot, memiliki karotenoid yang membantu memperbaiki DNA untuk mencegah kanker.

Wortel dan jeruk sangat baik dikonsumsi bagi kesehatan mata.

Makanan berwarna oranye membantu tubuh mendapatkan vitamin A.

Warna orange juga identik dengan vitamin C.

Vitamin C memiliki khasiat yang cukup penting yang diperlukan tubuh untuk melindungi sel tubuh dan potasium, yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, makanan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan selaput lendir, jaringan ikat, dan juga mencegah penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mencegah peradangan.

Hijau-kuning

Warna kombinasi hijau dan kuning yang ada pada jagung kuning, kacang hijau, alpukat, dan melon, mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Putih-hijau

Warna kombinasi putih dan hijau pada bawang merah, bawang putih, seledri, pir, kubis, dan daun bawang, mengandung berbagai fitokimia.

Bawang putih dan merah mengandung allicin, antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Karena itu, Sahabat Tani dapat mencampur bawang putih dan bawang bombay dalam makanan untuk mengurangi efek buruk dari daging berlemak.

Sedangkan seledri berguna untuk kesehatan sendi.

Makanan berwarna putih juga mengandung banyak flavonoid, yang dapat membantu membran sel seperti susu rendah lemak dapat membantu daya kerja jantung.

Sementara, kalsium berguna untuk membangun lemak serta menurunkan berat badan dan sangat bagus untuk perkembangan tubuh.

Buah-buahan dengan kategori warna putih diantaranya yaitu warna susu buah kedelai, warna tahu, warna buah bawang putih, warna keju rendah lemak dan warna yogurt.

Merah-biru-ungu

Warna kombinasi merah, biru, dan ungu pada apel merah, blueberry, strawberry, cranberry, plum, dan anggur, merupakan sumber antioksidan kuat yang disebut antosianin.

Baca juga: Manfaat Super Brokoli bagi Tubuh

Zat tersebut dapat melindungi kita dari penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi dan mencegah pembekuan darah.

Hal ini juga sangat diperlukan untuk pergerakan feses yang baik.

Cokelat

Warna cokelat pada roti, biji bijian, sereal, granola dan kacang-kacangan, sangat baik untuk membuang racun penyebab penyakit dalam tubuh.

Biji-bijian juga banyak mengandung vitamin B untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengubah kalori menjadi energi.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App