• 29 September 2021

Melihat Kehidupan Pasar Cupang Tangerang

SHARE SOSMED

Awalnya berpikir mendirikan pasar cupang ini, karena saya merasa di Bogor ada, di Jakarta ada, masa di Tangerang tidak ada?

TANGERANG - Waktu menunjukkan pukul 13.00, sejumlah pedagang ikan hias yang ada di Pasar Cupang Tangerang, yang berlokasi di UFIT Goldland Karawaci, Kota Tangerang, Provinsi Banten, mulai menata ikan milik mereka.

Bagi Sahabat Tani pecinta ikan cupang, belum afdol rasanya jika belum berkunjung ke pasar ini.

Baca juga: Ternak Cupang ala Moms Betta

Di sini, kalian bisa membeli atau sekadar melihat-lihat berbagai jenis cupang yang dipamerkan dalam akuarium mini.

Pasar Cupang Tangerang, memang mulai ramai setelah jam makan siang.

Awalnya berpikir mendirikan pasar cupang ini, karena saya merasa di Bogor ada, di Jakarta ada, masa di Tangerang tidak ada? Jadi saya berniat untuk mendirikannya dan Alhamdulillah, antusiasme dari para pedagang, seller, sampai buyer mendukung semua,” ujar Randi, pengelola Pasar Cupang Tangerang, kepada tim Jagadtani.id belum lama ini.

Kalau pasar di sini memang ramainya Sabtu-Minggu. Karena kan hari libur, jadi banyak yang berkunjung. Nah, yang dijual di sini hampir 90% cupang sih, sisanya ikan hias lain seperti discus, guppy, ada juga sapu-sapu,” tambahnya.

Cupang memang salah satu jenis ikan air tawar yang digemari segala kalangan, baik itu tua, muda, laki-laki atau pun perempuan.

Ikan yang satu ini, juga cocok sekali untuk dipelihara atau bahkan menjadi peluang usaha.

Grand opening pasar ini bulan agustus kemarin. Ya walaupun pas pada saat pandemi, tapi lumayan ramai sih yang datang, dari mulai anak-anak, remaja, sampai dewasa,” kata Randi.

Ia menjelaskan, ada lebih dari 50 lapak yang buka di pasar tersebut.

Jenis dan harga ikannya juga beragam, mulai dari Rp5.000 hingga jutaan rupiah.

Sahabat Tani hanya perlu menyesuaikan isi kantong saja jika ingin membeli.

Untuk saat ini sih rata-rata masih jual cupang semua. Tapi, nanti seandainya ada yang mau jual ikan hias lain, ya tidak apa-apa. Selama itu masih masuk kategori ikan hias, tapi yang kami prioritaskan di sini ya ikan cupang,” tuturnya.

Baca juga: Tren Bisnis Cupang saat Pandemi

Meski berada di masa pandemi COVID-19, antusiasme pembeli untuk berdatangan juga cukup besar.

Walau begitu, pengunjung diharuskan menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Harapan ke depannya sih, semoga Pasar Cupang Tangerang ini bisa ramai setiap hari, tidak cuma Sabtu-Minggu saja. Terus, semoga para breeder atau seller di Tangerang bisa lebih dikenal lagi di seluruh Indonesia,” tutupnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App