• 16 April 2021

Mengenal Kale, Sayuran Kaya Nutrisi

uploads/news/2020/12/mengenal-kale-sayuran-kaya-3816943d32d8f34.jpg
SHARE SOSMED

Sayuran ini bisa dibilang masih jarang di Indonesia, tapi saat ini mulai dibudidayakan secara lokal baik dengan cara hidroponik, atau ditanam langsung ke tanah.”

JAKARTA - Sahabat Tani ada yang mengetahui sayuran bernama kale atau borecole?

Kale merupakan salah satu sayuran hijau dengan nama ilmiah Brassica oleracea var. Sabellica dan merupakan salah satu anggota Brassicaceae, termasuk di dalamnya yaitu kol dan brussels sprouts.

Baca juga: Okra, Si Gurih Kaya Manfaat

Menurut Andi Magfiranur, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kota Parepare, Sulawesi Selatan, seperti saudara-saudaranya yang lain, kale juga mengandung segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh berbagai vitamin dan mineral.

Satu gelas kale mentah mengandung 33 kalori, 3 gram protein, 2,5 gram serat yang membantu proses pencernaan.

Selain itu, kale juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, dan vitamin B yang penting untuk perkembangan otak.

Lalu, ada juga asam alpha-linolenic dan lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, lutein, zeaxantin, fosfor, kalium, kalsium, dan seng.

Sayuran ini bisa dibilang masih jarang di Indonesia, tapi saat ini mulai dibudidayakan secara lokal baik dengan cara hidroponik, atau ditanam langsung ke tanah,” ujarnya dalam keterangan tertulis Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian, belum lama ini.

Sayuran ini juga memiliki banyak manfaat, seperti:

Pencernaan

Kale sangat tinggi serat, namun memiliki kadar kalori yang rendah dan kandungan lemak yang sedikit, sehingga baik untuk pencernaan.

Kale juga mengandung sedikit lemak, namun sebagian besar lemak di dalamnya merupakan asam lemak omega 3 atau disebut Alpha linolenic acid.

Pembentukan hemoglobin

Kandungan zat besi dalam kale sangat tinggi, bahkan melebihi kandungan zat besi yang ada di dalam daging hewani.

Kandungan inilah yang dibutuhkan untuk proses pembentukan hemoglobin dan enzim pembawa oksigen ke seluruh tubuh.

Menyehatkan jantung

Mengkonsumsi rutin sayuran ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang berefek pada kesehatan jantung.

Mencegah kanker

Kandungan vitamin K, karotenoid, dan flavonoid dalam kale diperlukan untuk mencegah serangan dari aneka jenis kanker.

Peningkatan jumlah vitamin K juga bisa mengurangi kemungkinan terserang Alzheimer.

Mengobati penyakit dalam

Penyakit seperti arthritis, asma, dan penyakit autoimun dapat diobati lewat kandungan senyawa anti-inflamasi dan asam lemak omega 3 di dalam kale.

Membersihkan racun

Di dalam kale terkandung nutrisi isothiocyanates dan glucosinolates, yang dapat membantu melawan hingga menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Selain itu, kale tak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, kale juga bagus untuk tumbuh kembang balita dan anak sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI).

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App