• 20 April 2024

Okra, Si Gurih Kaya Manfaat

uploads/news/2020/11/okra-si-gurih-kaya-50290b6e51298ce.JPG

Manfaat sayuran okra sangat banyak. Selain enak untuk disantap sebagai pelengkap sambal, sayuran ini juga bagus untuk mengatasi kolesterol, mencegah kerusakan ginjal, lalu jantung kita jadi lebih sehat, dan juga bisa mengurangi rasa sesak nafas.”

JAKARTA - Pernahkah Sahabat Tani mendengar sayuran bernama, okra?

Bagi sebagian orang, nama okra mungkin terdengar asing, karena jarang ditemukan.

Okra umumnya tumbuh di wilayah beriklim tropis.

Baca juga: Cara Mudah Budidaya Pakcoy

Hal tersebut membuat sebagian masyarakat Indonesia yang mengenal Okra, mulai membudidayakan tanaman yang dijuluki “lady finger” ini.

Salah satu petani yang membudidayakan okra yaitu, Edy asal Tangerang Selatan.

Edy menjelaskan, okra sangat lezat untuk disantap dengan masakan yang dilengkapi dengan sambal.

Edy juga menyebut, okra memang sekilas mirip dengan cabai, namun bentuknya lebih kaku dan pada bagian sisi kulitnya memiliki bulu-bulu halus.

Di dalamnya terdapat biji seperti terong dan jika dikonsumsi rasanya akan mirip dengan terong, karena di dalam okra terkandung banyak sekali lendir.

Ditambah, okra juga memiliki rasa yang gurih serta menyehatkan.

Lebih lanjut Edy mengatakan, pembudidayaan okra terbilang cukup mudah selama tetap mengikuti anjuran, agar tanaman okra dapat tumbuh dengan baik.

Masa panen okra, lanjutnya, bahkan tak membutuhkan waktu yang lama.

Okra bisa dipanen pada jangka waktu 30 hari atau paling lama satu setengah bulan. 

Untuk memulai budidaya okra, Sahabat Tani perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu disiapkan.

Mulai dari lokasi lahan tanam, mempersiapkan bibit, tata letak, dan pencahayaan yang cukup, sehingga tanaman dapat disinari cahaya matahari secara maksimal. 

Lokasi untuk menanam okra sebaiknya di wilayah yang masuk kategori dataran rendah. Okra itu termasuk tanaman yang kuat di suhu dingin maupun panas. Makanya dia cocok di Indonesia, di wilayah tropis,” ujar Edy saat ditemui di Jalan Amil Kiman, RT 06 RW 03, Kelurahan Kunciran Jaya, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, oleh Jagadtani.id belum lama ini.

Lebih lanjut Edy juga mengatakan, Okra memiliki sejuta manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat sayuran okra sangat banyak. Selain enak untuk disantap sebagai pelengkap sambal, sayuran ini juga bagus untuk mengatasi kolesterol, mencegah kerusakan ginjal, lalu jantung kita jadi lebih sehat, dan juga bisa mengurangi rasa sesak nafas,” ungkap Edy.

Baca juga: Leunca, Lalapan Segudang Manfaat

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan manfaat lain yang bisa dirasakan dari mengkonsumsi sayuran okra seperti menjaga kelancaran pencernaan, mencegah osteoporosis, hingga dapat mengurangi risiko kanker.

Manfaat yang kaya dari okra ini, bahkan membuat banyak negara tetangga ikut mengkonsumsinya.

(Masyarakat) Singapura, Malaysia, banyak banget yang mengkonsumsi ini. Kita jangan sampai ketinggalan, karena manfaat dari sayuran okra ini banyak sekali,” tutupnya.

Related News