• 6 Desember 2020

Viral! Bunga Mirip Virus Corona

uploads/news/2020/11/viral-bunga-mirip-virus-6563247780ee8a1.jpg
SHARE SOSMED

Pohon ini tersebar di banyak tempat, khususnya di Jawa Barat dikenal dengan nama gempol,’ di Jawa Tengah, ada yang menyebutnya pohon klepu.

JAKARTA - Baru-baru masyarakat digegerkan dengan beredarnya bunga mirip virus corona.

Bunga tersebut berada di Jalan Badak Agung, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Jika diperhatikan, bunga ini memiliki kelopak yang dikelilingi serat-serat keluar.

Baca juga: Viral, Petai Raksasa dari Malaysia

Tak hanya itu, pohon bunga ini juga dipercaya mampu menyembuhkan penyakit.

Untuk itu Jagadtani.id mencoba menghubungi peneliti dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Prof. Hendra Gunawan, Ph.D.

Pohon ini tersebar di banyak tempat, khususnya di Jawa Barat dikenal dengan nama gempol,’ di Jawa Tengah, ada yang menyebutnya pohon klepu. Bahkan di beberapa daerah di Pulau Jawa menjadi nama desa, mungkin karena desa tersebut banyak pohon gempol. Seperti di Cirebon ada desa bernama Desa Gempol. Pohon ini tumbuh liar di hutan atau ditanam,” ujarnya belum lama ini.

Pohon yang bernama latin Nauclea orientalis ini, sekilas bunganya seperti buah rambutan.

Namun, jika dilihat lebih detail, bunga ini memang menyerupai virus corona, dengan bentuk bulat yang sempurna, didominasi dengan warna kuning, dan terdapat serat-serat bunga yang menjulur keluar.

Baca juga: Membudidayakan Tanaman Viral, Porang

Saya juga menanam di taman keragaman hayati dan di Hutan Kota Bina Bangsa, Stadion Patriot Bekasi juga ada pohonnya. Pohon tersebut sudah saya inventarisasi sejak 2015. Sebenarnya bukan pohon yang istimewa, hanya karena bunganya mirip corona jadi viral,” ujarnya.

Oh iya yang bunganya mirip corona tidak hanya gempol. Bunga pohon jabon juga seperti corona, bahkan bunga pohon pete cina juga menyerupai corona,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App