• 6 Desember 2020

Asal-usul Ikan Cupang Nemo

uploads/news/2020/11/asal-usul-ikan-cupang-nemo-4077975c0a0b7cc.jpg
SHARE SOSMED

Sebenarnya nemo ini banyak jenisnya, seperti nemo multicolor, nemo candy, nemo galaxy, nemo leopard.

Tangerang Selatan - Bagi Sahabat Tani yang baru ingin memelihara ikan cupang (Bettafish).

Cobalah untuk memelihara cupang nemo atau clownfish.

Dengan corak dan warna tubuhnya yang menarik dan masih jarang, cupang nemo pun menjadi buruan para pehobi cupang di tanah air.

Baca juga: Mengenal Keunikan Cupang FCCP

Cupang ini termasuk jenis baru yang beredar di kalangan pehobi cupang belakangan ini.

Cupang nemo berasal dari Thailand dan merupakan hasil riset kawin silang antara warna dasar atau warna primer yang dilakukan oleh para pembudidaya di Thailand.

Riset tersebut juga merupakan kerja sama dengan pemerintah Thailand.

Nama nemo sendiri diambil karena corak warna dibadan dan siripnya yang berwarna merah, hitam, putih, dan kuning yang dianggap menyerupai ikan nemo.

Berdasarkan cerita salah satu breeder cupang, Farhan Jamil dari Bettafish Residence, cupang nemo mulai masuk ke Indonesia pada 2017.

Kalau ikan cupang nemo ini masuknya tahun 2017, setelah itu mulai dibreeding dan dipasarkan disini sampai akhirnya booming seperti saat ini,” kata Farhan kepada Jagadtani.id saat ditemui di sekitar Jalan Pondok Cabe Ilir, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, belum lama ini.

Ciri khas cupang nemo terletak pada corak dan kombinasi beberapa warna pada tubuhnya, sehingga ikan cupang ini memiliki estetika tersendiri.

Selain itu, nemo juga memiliki beberapa jenis varian.

Sebenarnya nemo ini banyak jenisnya, seperti nemo multicolor, nemo candy, nemo galaxy, nemo leopard. Semua punya keindahan dan masing-masing punya ciri-cirinya sendiri,” tuturnya.

Baca juga: Mengenal Betta Terbesar di Dunia

Tak hanya itu, cupang jenis ini juga memiliki harga jual yang cukup fantastis, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Farhan juga menambahkan, cupang nemo yang di-breeding di rumahnya, pernah dibeli dengan harga Rp500.000.

Pernah waktu itu saya jual nemo dengan harga Rp500.000, pokoknya semakin rapih corak dan warnanya pasti semakin tinggi juga harga jualnya,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App