• 29 March 2024

Mengenal Keunikan Cupang FCCP

uploads/news/2020/10/mengenal-keunikan-cupang-fccp-76773aa55ec2b5e.jpg

Sangat sulit mendapatkan warna fancy yang ideal, apalagi jika si ikan memiliki gen marbel, karena akan selalu berubah warna. Jadi wajar saja, kalau fancy copper plakat yang bagus ini dihargai mahal.

JAKARTA - Di masa pandemi COVID-19 saat ini, banyak masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong untuk memelihara cupang atau Betta karena keindahan dan keunikannya.

Salah satu cupang yang sedang naik daun yaitu jenis fancy copper plakat atau dikenal dengan sebutan FCCP.

Cupang FCCP sendiri berasal dari Vietnam dan memikat para pehobi cupang karena keindahan yang dimilikinya.

Baca juga: Mengenal Betta Terbesar di Dunia

Salah satu yang terpikat oleh keindahan cupang FCCP yaitu, Zamal Sunkar, peternak cupang dari Waroeng Betta Indo yang ada di Jalan Daud No 28 B, RT 11 RW 10, Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta.

Ikan cupang fancy copper plakat dikenal dengan ekornya yang berbentuk bintang dan juga terdapat sisik putih mengkilat seperti tembaga. Makanya, untuk sekarang banyak orang yang mencari ikan cupang fancy copper ini karena keindahan bentuk ekornya,” sebutnya kepada Jagadtani.id.

Kata fancy sendiri merupakan sebutan untuk cupang berwarna-warni atau multicolor, yang dipopulerkan oleh peternak dari Thailand.

Pada awalnya, fancy mengacu kepada warna marbel, selain itu fancy juga merupakan sebutan merek dagang, bukan jenis warna.

Dalam perkembangnya, fancy berkembang sedemikian rupa, sehingga warnanya semakin membuat ikan ini menyala dan lebih indah.

Cupang FCCP juga memiliki dua jenis warna yaitu, orange head dan red head.

Ikan ini sedang naik daun, lumayan banyak orang yang mencari ikan cupang fancy copper plakat ini. Padahal, untuk range harganya sangat lumayan mahal, mulai dari Rp500.000 hingga jutaan rupiah. Kalau di tempat saya, tergantung dari kualitas ikannya, jika ikan cacat maka harga akan berkurang,” ucapnya.

Baca juga: Cupang Alam yang Masih Dilirik

Untuk jenis cupang FCCP, menurut Zamal, perawatannya sama saja dengan cupang pada umumnya, karena pada dasarnya ikan ini hanya berkelainan genetika pada tubuhnya.

Sangat sulit mendapatkan warna fancy yang ideal, apalagi jika si ikan memiliki gen marbel, karena akan selalu berubah warna. Jadi wajar saja, kalau fancy copper plakat yang bagus ini dihargai mahal,” tutupnya.

Related News