• 25 April 2024

Mengenal Kopi Terlangka di Dunia

uploads/news/2020/09/mengenal-kopi-terlangka-di-989497ad1ccdc05.jpg

Untuk harga jual satu paket Black Ivory Coffee atau setara 35 gram bernilai USD100 atau setara Rp1.400.000.

JAKARTA - Kopi dan teh yang berasal dari sisa kotoran gajah disebut-sebut sebagai salah satu minuman langka dan dijual dengan harga yang mahal.

Salah satu contoh minuman olahan yang berasal dari sisa kotoran hewan yaitu kopi luwak.

Kopi tersebut berasal dari biji kopi yang diambi dari sisa kotoran hewan bernama luwak, bahkan menjadi salah satu jenis kopi terbaik.

Baca juga: Melenggang Kopi Jatim ke Inggris

Baru-baru ini, aktor asal India, Akshay Kumar mengungkapkan bagaimana ia mencicipi teh yang berasal dari kotoran gajah dalam acara “Into the Wild with Bear Grvlls” episode khusus.

Meski dalam penayangannya tidak diperlihatkan cara pembuatannya, ternyata kotoran gajah memang digunakan untuk membuat merek minuman hibrida teh-kopi yang langka.

Melansir ANTARA dari Indian Express, ide membuat minuman dari kotoran gajah berawal dari Thailand.

Di sana, gajah diberi makan ceri Arabika Thailand terlebih dahulu, dengan mencampurkannya ke dalam makanan biasa.

Menurut africageographic, gajah merupakan hewan herbivora dan proses fermentasi yang mereka gunakan untuk memecah selulosa dalam makanan gajah.

Setelah itu, akan menghasilkan “rasa buah manis” pada limbahnya, sehingga menghasilkan teh-kopi hibrida dengan rasa “cokelat bercampur ceri”.

Begitu gajah mengeluarkan buah ceri, biji tersebut langsung diambil, dicuci, dan dijemur.

Setelah kering, biji tersebut dikuliti dan disortir dengan mesin dan akhirnya dipanggang.

Hibrida teh-kopi gajah yang populer dengan sebutan Black Ivory Coffee, pertama kali diproduksi oleh perusahaan eponim di Golden Triangle Asian Elephant Foundation di Chiang Saen, tempat perlindungan terhadap gajah.

Baca juga: Berharap pada Kopi Muncar

Kini Black Ivory Coffee dianggap kopi paling langka di dunia dan merupakan salah satu kopi termahal yang sekarang dijual ke hotel-hotel bintang lima tertentu.

Sekitar 33 kilogram biji kopi hanya dapat menghasilkan kurang lebih 1 kilogram kopi.

Sementara itu, untuk harga jual satu paket Black Ivory Coffee atau setara 35 gram bernilai USD100 atau setara Rp1.400.000.

Related News