• 19 April 2024

Sup Wortel untuk Kulit Glowing

uploads/news/2020/09/sup-wortel-untuk-kulit-17394b831af02db.jpg

JAKARTA - Pada masa pandemi, penting bagi Sahabat Tani untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi untuk membangun daya tahan tubuh.

Sup sayur-sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang tidak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, namun juga dapat membantu membuat kulit menjadi lebih sehat.

Baca juga: Khasiat Air Putih dengan Mentimun

Ahli dermatologi kosmetik, Dr. Niketa Sonavane mengatakan, jenis sup yang dapat membuat Sahabat Tani sehat sekaligus memiliki kulit yang cerah yaitu “sup oranye” alias sup wortel dengan labu kuning.

Wortel dan labu kuning merupakan kombinasi sempurna untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang merusak, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda,” ujar Sonavane seperti melansir ANTARA dari Indian Express, belum lama ini.

Hal tersebut disebabkan, wortel dan labu memiliki warna oranye, karena mengandung antioksidan bernama karotenoid, yang berfungsi membuat kulit menjadi sehat sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Sonavane lalu memberikan resep untuk membuat sup wortel-labu kuning tersebut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu; dua sendok makan mentega; lima siung bawang putih, cincang kasar; 250 gram wortel, potong kotak-kotak; 250 gram labu kuning, potong kotak-kotak; air, garam, dan merica secukupnya; krim kental sebagai garnish.

Pertama, di dalam panci presto, panaskan mentega dan tumis bawang putih dengan api sedang hingga bawang putih berwarna kecokelatan.

Kedua, masukkan wortel, labu, dan garam, tumis selama tiga hingga lima menit.

Baca juga: Cara Memotong Sayuran yang Benar

Ketiga, tambahkan air secukupnya dan tutup, serta kunci panci presto.

Setelah panci presto berbunyi, biarkan beberapa saat kemudian matikan api dan tunggu hingga panci presto bisa dibuka.

Keempat, buka panci presto dan lumatkan sup tersebut hingga lembut menggunakan blender.

Kelima, hias dengan krim kental dan taburi merica secukupnya.

Nikmati selagi hangat.

Related News