• 28 September 2021

Persiapan Jayapura Hadapi PON 2021

uploads/news/2020/08/persiapan-jayapura-hadapi-pon-59888fc98621442.png
SHARE SOSMED

Jadi, target kita pada saat PON nanti kita siapkan sapi sekitar 500 sampai 600 ekor, dengan estimasi untuk satu ekor itu 100-200 kilogram daging.”

SENTANI - Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, tengah menyiapkan 600 ekor sapi milik masyarakat di sejumlah wilayah di Kabupaten Jayapura.

Hal itu dilakukan, dalam rangka mendukung penyelenggaraan kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 mendatang.

Baca juga: Manfaat Papeda untuk Pasien COVID-19

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, Dody Samyana mengaku, program tersebut sudah berjalan sejak dua tahun lalu.

Jadi, untuk sapi ini setahun, dua tahun, kemarin kita siapkan 200 sampai 400 ekor sapi. Jadi, target kita pada saat PON nanti kita siapkan sapi sekitar 500 sampai 600 ekor, dengan estimasi untuk satu ekor itu 100-200 kilogram daging,” katanya, belum lama ini.

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini terus melakukan pendampingan untuk penggemukan sapi-sapi milik warga tersebut.

Termasuk, memberikan penyuluhan cara beternak sapi yang baik.

"Kita berharap warga mendukung program ini. PON Papua harus sukses. Tidak hanya dari sisi atlet dan venue, namun persiapan pendukung lain juga penting seperti halnya daging dan pangan lain," jelasnya.

Selain kesiapan daging sapi, Dody juga tengah menggenjot kesiapan daging ayam dan telur juga untuk kesuksesan PON.

Termasuk, ketersediaan stok selama ajang bergengsi itu berlangsung.

"Kalau ayam ini berasal dari pengusaha swasta lokal. Ada juga dari pengusaha-pengusaha lokal dan ada juga pengusaha-pengusaha yang dari luar. Itu jumlahnya juga cukup banyak. Untuk kebutuhan telur berdasarkan hasil perhitungannya saat ini, kebutuhan sehari-hari diperkirakan kebutuhan konsumsi mencapai 4.000 sampai 5.000 butir telur,"jelasnya.

Baca juga: Asa Lumbung Pangan Nimbokrang

Untuk mensukseskan program tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura.

Ini kami bersama DPMK, kita kawal agar ketersediaan telur dan daging ayam ini juga terpenuhi saat pelaksanaan PON. Kami harap juga pihak bank untuk memberikan permodalan kepada peternak, agar mereka bisa mengembangkan ternak mereka," pungkasnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App