• 24 April 2024

Meraup Untung dari Cupang Avatar

uploads/news/2020/08/meraup-untung-dari-cupang-6067843602cbd07.jpeg

TANGERANG SELATAN - Tren ikan cupang yang beredar di masyarakat Indonesia saat ini, menjadi bisnis yang sangat menggiurkan.

Ini karena, pangsa pasar cukup terbuka luas, bahkan hingga merambah ke negeri tetangga.

Kebutuhan akan ikan cupang terus mengalami perkembangan yang sangat pesat demi memenuhi permintaan pasar.

Baca juga: Cara Menghindari Ikan Cupang Cacat

Beragam jenis ikan cupang pun muncul, mulai dari jenis giant koi, koi galaxy, avatar, blue rin, halfmoon, fancy cooper, nemo dan sebagainya.

Zaenudin, pemilik dari RJS Bettafish yang berlokasi di Jalan Kemiri 7, RT. 001, RW. 011, Kelurahan Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, mengaku terjun dalam dunia ternak ‘ikan cupang spesialis avatar’ sejak awal 2020.

Sekarang, ikan cupang lagi diburu saat ini. Sebenarnya, harga ikan naik atau turun itu juga berpengaruh dari kontes-kontes. Misalnya, ada kontes ikan cupang, jenis yang menang adalah nemo avatar. Nantinya, langsung banyak yang cari jenis si cupang nemo avatar tersebut. Harganya juga langsung pasti naik. Langsung jadi populer, orang langsung banyak yang cari,” katanya saat ditemui oleh tim Jagadtani.id belum lama ini.

Pria yang akrab dipanggil Jay ini mengaku, 75% ikan cupang yang ia ternak merupakan jenis avatar.

Sejauh ini menurut saya pribadi, nilai seni dari ternak avatar itu melihat dan menunggu hasil dari mutasi warna-warnanya, “ kata pria kelahiran 1986 itu.

Avatar memang jenis lama dan tetap dijaga sampai sekarang. Dulu sempat susah buat dicari karena langka, tapi sekarang sudah mulai banyak. Harganya sih memang bisa naik turun, namun relatif stabil tidak seperti jenis cupang lainnya yang harganya bisa anjlok sampai ke harga Rp15.000-an. Karena, harga avatar itu yang paling murahnya saja sekarang Rp100.000. Itu sudah mentok banget, harga paling murah,” tambahnya.

Jay menjelaskan, jenis avatar muncul karena hasil persilangan dari jenis-jenis ikan cupang warna.

Setelah dikawinsilangkan, hasil kawin silang tersebut menghasilkan genetik baru yang sampai saat ini disebut jenis avatar.

Kenapa saya pilih avatar, karena kalau saya amati dari tahun-tahun kemarin. Jadi, dari sebagian besar jenis cupang, jenis avatar itu yang harga jualnya relatif stabil. Kemudian, yang paling seru itu kalau saya sendiri sebagai peternak, senang ketika melihat perkembangan mutasi si ikan-ikan ini,”ungkapnya.

Warna dasar jenis avatar sendiri, yaitu hitam.

Baca juga: Mutasi Cantik Cupang Avatar Green

Nantinya, jenis avatar ini akan mulai bermutasi dengan munculnya bintik-bintik warna atau yang biasa disebut ‘blink-blink,’ sehingga mempercantik jenis dari avatar.

Jay juga menjelaskan, semakin banyak blink-blink, maka harga pun semakin mahal.

Warna jenis avatar ini memang tidak bisa di pastikan, justru serunya pada bagian itu. Jackpot-jackpot-an, itu yang menarik bagi para penghobi,” tutupnya.

Related News