• 27 September 2020

Kata-Kata Ajaib Peternak Lovebird

SHARE SOSMED

Split itu enggak kelihatan. Dia enggak tampak secara visual, tapi dia terkandung dalam gen atau darah dari indukannya.”

TANGERANG - Saat beternak burung lovebird, khususnya burung warna maka gen pada indukan perlu diperhatikan, jika memang hasilnya ingin sesuai prediksi dan perhitungan.

Tentu saja kita juga harus memperhatikan gen indukan yang kita miliki, apakah memiliki gen yang diinginkan atau malah sebaliknya.

Kemudian, dalam beternak lovebird, khususnya bagi para peternak pemula, ada beberapa istilah yang sering digunakan di kalangan penggemar lovebird yang perlu kita ketahui.

Baca juga: Mengetahui Mutasi Euwing Blue Asli

Hal itu, agar tidak salah saat mulai terjun dalam dunia breeding lovebird.

Mulai dari pengertian split, possible, jackpot, dan trah.

Kata-kata kunci Ini, nantinya akan sangat berguna bagi para pemula untuk lebih waspada dan jeli saat akan membeli indukan.

Swafeb Irvananda, pemilik dari Swaflebird Lovebird yang sudah terjun di dunia lovebird selama lima tahun, menjelaskan ‘kata-kata ajaib’ untuk beternak lovebird.

Yang pertama yaitu split.

Split merupakan istilah untuk anak lovebird atau keturunan lovebird, yang mewarisi gen mutasi indukannya.

Split tidak tampak secara visual atau fenotip (tidak tampak warnanya), tetapi split terkandung secara genotip (terkandung dalam gen).

Split itu enggak kelihatan. Dia enggak tampak secara visual, tapi dia terkandung dalam gen atau darah dari indukannya,” katanya kepada tim JagadTani.id saat ditemui di Jalan Pamulang Permai Tim Nomor 10, Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten oleh tim JagadTani.id belum lama ini.

Beda lagi dengan penyebutan kata ‘possible’.

Possible sendiri memiliki arti kemungkinan.

Misalnya begini, peternak mengawinkan kedua jenis lovebird berbeda, split dikali split. Tujuan peternak itu harusnya bisa mencetak anakan yang akan mengeluarkan mata merah sesuai prediksi. Nah, kenyataannya enggak keluar, itu namanya possible,” kata pria kelahiran 1988 itu.

Contohnya lovebird yang ada di kandang ini adalah anak dari hasil mutasi kedua jenis lovebird yang berbeda, tidak memiliki mata merah. Jadi lovebird tersebut mempunyai kemungkinan mengandung gen tertentu. Enggak mengeluarkan mata merah berarti disebut possible, enggak jackpot. Karena, anakan yang keluar enggak sesuai dengan yang kita prediksi dan kita inginkan,” tambahnya.

Jika sahabat tani mendengar kata ‘jackpot’, tentu yang akan terpikirkan sekilas yaitu suatu keberhasilan.

Pada ternak lovebird, jackpot berarti sesuai dengan prediksi yang diinginkan.

Beda cerita kalau yang keluar ternyata memiliki mata berwarna merah, maka sebutannya jackpot. Naik tingkat dia, jadi split harga tinggi,” sebutnya.

Baca juga: Jenis Pakan Terbaik untuk Lovebird

Lalu, apakah sahabat tani tidak asing dengan kata trah?

Pada ternak lovebird, trah yaitu lovebird yang mempunyai hubungan kekerabatan atau keturunan dengan lovebird lainnya.

Ini contohnya lovebird saya, saya sebut ‘trah durasi. Jadi jantannya banyak ngekek, betinanya juga. Nanti hasil anakannya trah ngekek,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App