• 28 Oktober 2020

Mengetahui Mutasi Euwing Blue Asli

uploads/news/2020/07/mengetahui-mutasi-euwing-blue-47113adcb062931.JPG
SHARE SOSMED

TANGERANG - Beternak lovebird euwing sangatlah menguntungkan untuk penangkar.

Ini karena, lovebird euwing sangat dibutuhkan untuk melakukan persilangan dengan jenis biola.

Pada saat ini, mutasi biola yang dikawinkan dengan euwing memiliki harga anakan yang tinggi.

Salah satunya jenis Euwing Blue.

Baca juga: Jenis Pakan Terbaik untuk Lovebird

Oleh karena itu, banyak para penggemar lovebird terutama para peternak, yang berlomba- lomba menyilangkan lovebird euwing blue ini untuk mendapatkan mutasi warna terbaru.

Mutasi bisa dilakukan melalui percobaan dengan menyilangkan berbagai varian warna.

Berbagai mutasi pada burung Lovebird dalam penangkaran, selama ini telah menghasilkan berbagai ragam dan corak warna bulu yang sangat menarik dan unik.

Salah satu peternak Lovebird yang sedang gencar-gencarnya melakukan mutasi jenis euwing blue dengan jenis biola yaitu Swafeb Irvananda.

Pemilik dari Swaflebird Lovebird ini menyilangkan jantan euwing blue split biola split pale fallow (1.0 euwing blue/biola/pf (fischeri)) dengan betina biola (0.1 biola PF euwing green).

Ia memprediksi, kedua burung itu akan menghasilkan anakan yang memiliki mata merah dan kaki berwarna merah jambu.

Pria yang akrab dipanggil Nanda ini mengatakan, secara kasat mata akan sangat sulit membedakan antara euwing blue yang sudah di mutasi dengan euwing blue yang masih murni.

Harus langsung ke peternaknya dan jangan asal memilih peternak. Karena, tidak sedikit yang bisa saja menipu,” katanya saat ditemui di Jalan Pamulang Permai Tim nomor 10, Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten oleh tim JagadTani.id belum lama ini.

Nanda menambahkan, indukan euwing blue (euwing paruh putih) yang ia mutasi sebelumnya, juga merupakan hasil mutasi dari biola split pale fallow (fischeri).

Kemudian, jenis euwing sendiri pun kini semakin memiliki bermacam-macam jenis.

Mulai dari euwing blue, euwing vio, euwing mouve, euwing kobalt, euwing pastel, dan lain sebagainya.

Baca juga: Manfaat Tulang Sotong untuk Lovebird

Untuk mengetahui, apakah lovebird yang Sahabat Tani akan beli merupakan lovebird hasil mutasi, kuncinya yaitu kepercayaan pada peternak atau seller yang menjual lovebird tersebut.

Tipsnya itu, pertama, datangi langsung peternaknya. Kemudian, lihat apakah ada anakannya atau tidak dari kedua jenis yang di mutasi. Jadi, jangan asal percaya membeli dengan melihat dari foto saja. Tapi lihat secara langsung, kecuali dia peternak atau breeding hebat yang sudah dipercaya oleh ribuan pembeli, sudah memiliki namalah istilahnya,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App