• 9 Agustus 2020

Mengatasi Penyakit Kuncup pada Cupang

uploads/news/2020/07/mengatasi-penyakit-kuncup-pada-38491e451ed0be1.jpg
SHARE SOSMED

Kalau ikan sirip-siripnya menguncup karena sakit, biasanya akibat kualitas air yang buruk atau pakannya tidak bersih dan bisa juga karena kita kasih kutu air.”

TANGERANG - Ekor ikan cupang merupakan bagian terpenting dalam keindahan ikan cupang.

Meskipun Sahabat Tani memiliki ikan cupang dengan warna paling bagus sekalipun, jika ekornya rusak, robek atau kuncup, jadi terlihat tak bagus lagi.

Terlebih, jika itu merupakan jenis halfmoon atau ikan cupang hias bersirip dengan ekor panjang lainya.

Baca juga: Cara Membedakan Halfmoon dengan HMPK

Khususnya pada jenis halfmoon yang mempunyai sirip dan ekor yang indah dan panjang.

Jika ekornya rusak, keindahan pada halfmoon sudah tidak terlihat lagi.

Ada banyak penyebab yang menjadikan ekor ikan cupang rusak ataupun sobek seperti misalnya, ikan cupang makan ekornya sendiri atau kualitas air yang kurang bagus.

Menurut Nikko, pemilik peternakan cupang di sekitar Kelurahan Kreo Selatan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten, kuncup pada cupang kebanyakan disebabkan karena bakteri yang dimakannya.

Kalau ikan sirip-siripnya menguncup karena sakit, biasanya akibat kualitas air yang buruk atau pakannya tidak bersih dan bisa juga karena kita kasih kutu air. Nah, ulat kecil yang ada di kutu airnya dimakan kemudian bisa dropsi. Dropsi itu keadaan dimana ikan makan kotoran. Jadi, organ dalam ikan itu membengkak atau kembung,” jelas Nikko saat ditemui JagadTani.id belum lama ini.

Kutu air dan jentik nyamuk memang sudah menjadi pakan wajib bagi cupang untuk menambah nutrisi.

Namun, jika tidak hati-hati dalam memilahnya, cupang bisa memakan bakteri yang ada di dalam tubuh kutu air dan jentik nyamuk.

Terlebih lagi, cupang sangat suka dengan makanan yang berbentuk makhluk hidup ketimbang pelet biasa.

Jadi harus hati-hati juga kalau memberi jentik nyamuk,kita pilih yang kecil jangan yang terlalu besar. Kalau sudah besar, dia berbentuk pupa. Nah, itu jangan dikasih ke ikan, soalnya yang berbentuk pupa itu sudah keras. Jadi, sebaiknya kasih yang masih berbentuk larva,” jelas pria lulusan jurusan teknologi informasi tersebut.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Daun Ketapang

Nikko juga memberikan tips, bagaimana cara mengatasi cupang yang sudah terlanjur kuncup untuk bisa normal kembali.

Pindahkan ke tempat yang tidak terlalu besar, kasih air secukupnya, tidak terlalu tinggi airnya. Lalu, kasih obat biru yang namanya Methylene blue dan garam, dosis agak banyak. Jangan lupa ganti air setiap hari!” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App