• 30 Maret 2020

Jambu Lokal Rasa Internasional

uploads/news/2019/10/jambu-lokal-rasa-internasional-7411234fbb0531c.jpg
SHARE SOSMED

Buah jambu yang satu ini memiliki rasa semanis madu.

 

BOYOLALI - Jambu madu sebenarnya merupakan salah satu varietas dari sekian banyak jambu air yang menjadi unggulan dan tergolong istimewa. Bentuknya yang super besar dan mengkilap membuat setiap orang yang melihatnya tak sabar untuk mencicipi buah ini. Salah satu pembudidaya jambu madu hijau yaitu Kraton Nursery.

Berada di Jalan Sanggrahan, Timur Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali, kebun ini memiliki jambu madu hijau dengan rasa manis semanis madu. Di kebun buah ini, menyediakan bibit dan pembelian buah jambu madu hijau super. Untuk pembeli bibit juga diberikan garansi jika bibit yang dikirim mati atau rusak.

Selain itu, Kraton Nursery juga memberikan pelatihan budidaya gratis dan konsultasi langsung oleh tim ahli budidaya jambu madu hijau. Tak hanya itu, untuk meningkatkan penghasilan, sahabat tani juga bisa berdiskusi mengenai ilmu tentang pengelolaan dan strategi marketing.

Bibit yang dijual merupakan hasil dari okulasi. Okulasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu tumbuhan dengan cara menempelkan sepotong kulit pohon yang bermata tunas dari batang atas pada suatu irisan dari kulit pohon lain dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu menjadi tanaman baru.

Selain itu, bibit yang dijual juga merupakan hasil stek. Pembanyakan tanaman ini menggunakan potongan tubuh tanaman seperti akar, daun, dan batang. Sistem perkembangbiakan ini dapat diminta sesuai dengan order pembeli. Indukan yang bisa dilakukan perbanyakan harus sudah berkali-kali panen. Keaadan indukan harus sehat.

“Pohon harus rindang, daunnya banyak, subur, dan berbuah banyak,”ujar Dardi, pengelola Kraton Nursery.

Luas lahan yang kurang dari 3000 meter persegi membuat Kraton Nursery terkadang kebanjiran pesanan yang tidak bisa terpenuhi. Jika ingin membeli partai besar harus menunggu untuk dibuatkan bibit terlebih dahulu. Bibit yang siap jual berusia 3 – 4 bulan dengan tinggi satu meter dan setidaknya batang memiliki diameter lima sentimeter.

Harga bibitnya pun bervariasi, mulai dari Rp50 ribu hingga Rp250 ribu. Pembelinya tidak hanya dari Boyolali saja, melainkan dari luar Jawa, seperti Sumatera, Sulawesi, dan Bali. Jambu Madu Hijau Kraton Nursery memiliki kelebihan diantaranya, termanis, termudah, dan terlebat. Rasa buah jambunya manis dan renyah tanpa isi.

Cita rasa tingkat kemanisan jambu madu hijau “JaMaHi” Kraton Nursery mencapai 12,4 – 14 briks. Setelah bibit ditanam jambu dapat berbuah dalam waktu sembilan bulan saja dengan cepat, genjah, dan banyak berbuah. Jika JaMaHi ditanam dengan sistem tanaman buah dalam pot (tabulampot) bisa menguntungkan selain menjadi hobi.

Tanaman ini bisa ditempatkan di rumah-rumah perkotaan dengan lahan sempit. Varietas baru dari jambu air ini memang sedang tren dan banyak dibudidayakan dengan hasil yang menggiurkan karena dalam satu kilo jambu ini bisa dijual dengan harga Rp30 ribu hingga Rp40 ribu. (MK)

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App