• 18 April 2024

Menanam Stroberi di Pekarangan Rumah

TANGERANG SELATAN - Rasa asam segar pada stroberi menjadikan buah yang sering ditemui di dataran tinggi ini banyak dicari orang.

Namun, apakah Sahabat Tani tahu, kalau cara menanam stroberi tidaklah sulit dan bisa ditanam di pekarangan rumah, loh.

Baca juga: Isi WFH dengan Merawat Anggrek

Baik itu di lahan kebun atau pun menggunakan polybag dan pot.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam panduan cara menanam stroberi kali ini.

Mulai dari pemilihan bibit, bagaimana mengolah media tanam, proses penanaman dan pemeliharaan tanaman dan masa panen tanaman stroberi.

Langkah langkah praktis ini bisa Sahabat Tani gunakan untuk melakukan budidaya stroberi di pekarangan rumah.

Bintang (25) pria yang sehari-harinya bekerja sebagai pramugara, berhasil menanam stroberi di rumahnya yang terletak di Perumahan Bukit Nusa Indah, Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Bintang mengaku, ia mulai menanam stroberi sejak tiga tahun yang lalu.

“Stroberi itu buah favorit saya dari dulu. Makanya, mau coba menanam sendiri, siapa tau berhasil kan. Awalnya, memang sempat gagal sih, tapi lama-lama dari kegagalan itu seru akhirnya coba lagi, coba terus. Eh Alhamdulillah berhasil,” ujarnya kepada JagadTani.id belum lama ini.

Bintang mengatakan, sebelum memulai proses penanaman, pastikan jika kita sudah memenuhi semua persyaratan untuk tumbuhnya stroberi.

Kalau tidak, semua bisa jadi sia-sia.

“Pertama kita harus tahu suhu di daerah kita terlebih dahulu. Kalau stroberi, minimal tidak lebih dari 20 derajat celsius, ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut,” ucap bintang.

Setelah bagian awal ini sudah dilalui dengan baik, maka tahap selanjutnya yaitu langkah utama dari tahapan budidaya stroberi.

Hal ini dilakukan, supaya bisa menghasilkan panen yang sesuai harapan.

“Nah selanjutnya pemilihan bibit nih kalau bisa beli bibit stroberi-nya dari petaninya langsung biar berkualitas. Saya sih waktu itu pas ke Bandung beli di sana, tapi sekarang kan sudah banyak di online,” katanya.

“Nah selanjutnya, siapkan lahan. Gali sekitar 50 sentimeter, setelah itu didiamkan dulu biar hamanya hilang. Lalu taruh tanah, pupuk di pot atau polybag dengan perbandingan 1:4, mengerjakannya kalau bisa saat pagi hari, biar masih sejuk dan langsung kena matahari,” tambahnya.

Baca juga: Panen Labu Air di Pekarangan

Setelah melakukan penanaman bibit, tanaman stroberi juga membutuhkan pemeliharaan dan perawatan supaya bisa mendapatkan buah stroberi yang memiliki kualitas bagus.

Pada tahapan ini, Sahabat Tani bisa melakukan penyiraman secara rutin dan membuang atau memotong tanaman yang tidak tumbuh dengan baik agar tidak mengganggu ke tanaman lainnya.

Related News