• 28 September 2021

Aquascape, Penenang Dikala Suntuk

uploads/news/2019/10/aquascape-penenang-dikala-suntuk-6627975f509e106.jpeg
SHARE SOSMED

Selalu diselimuti rasa suntuk? Obati dengan aquascape.

JAKARTA - Banyaknya tugas kuliah dan selalu dikejar deadline membuat Diah Ayu (21) memiliki cara tersendiri untuk menghilangkan rasa suntuk setelah pulang beraktifitas. Bagaimana caranya? Mahasiswi Universitas Budi Luhur semester empat ini memiliki hobi yang sudah ia tekuni sejak satu tahun lalu, yaitu Aquascape.

Aquascape sendiri merupakan seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain sebagainya. Seni ini menggunakan media di dalam kotak kaca atau acrylic yang menyerupai aquarium.

“Awalnya karena ingin memelihara sesuatu tapi yang enggak ribet, alhasil milih ikan, dan pas ke sana liat ada ikan di dalamnya, ada tumbuhan juga jadi adem gitu melihatnya. Jadinya suka deh, jadi penenang hati kalau lagi capek dan suntuk” ujarnya saat ditemui belum lama ini.

Diah juga mengungkapkan jika ada beberapa jenis aquarium yang bisa digunakan untuk aquascape, seperti berbentuk oval, lingkaran, vas, nano tank, dan nano cube. Sedangkan Diah sendiri lebih memilih menggunakan jenis aquarium berbentuk nano tank.

“Aquascape yang punya tumbuhan yang sehat, hijau, apalagi kalau ditambah sentuhan air terjun, makin bagus,” katanya.

Menurutnya, sentuhan air terjun di dalam aquascape dapat memberi kesan indah ditambah suara percikan air yang semakin membuat rileks saat sedang santai di rumah. Mahasiswa semester akhir ini juga mengatakan bahwa dirinya memelihara aquascape dengan menyicil sedikit demi sedikit perlengkapan aquascape yang ditotal mencapai lebih dari Rp1 juta .

”Awalnya beli terpisah dan kalau ditotal kurang lebih satu juta-an rupiah” tambahnya.

Bagi Diah sendiri, aquascape merupakan seni yang bisa dijadikan hobi dan tidak terlalu mahal.  Bahkan Diah juga membagikan tips & trik untuk sahabat tani yang ingin memelihara aquascape.

“Tipsnya harus menggunakan undergravel yang benar supaya airnya jernih terus, rutin gunakan vitamin tumbuhan dan air, juga kalau air sudah kotor, dikuras lagi” ujarnya.

Diah juga mengatakan bahwa tidak semua ikan hias cocok untuk ditaruh di aquascape. “Menurut aku sih, ikan yang cocok ditaruh di aquascape itu, ikan lemon, ikan guppy, dan ikan neon”, tutup nya. (Annisa Bidari)

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App