• 27 April 2024

Sarapan dengan Smoothie Cegah Corona

uploads/news/2020/03/ganti-sarapan-dengan-smoothie-7044862ac0d379d.jpeg

"Smoothie yang berasal dari buah seharusnya tidak memerlukan gula tambahan, karena terdapat gula buah (fruktosa) di dalam buah-buahan tersebut.

JAKARTA - Siapa sih yang tidak kenal dengan Smoothie? Mungkin sebagian Sahabat Tani ada yang belum mengenalnya? Smoothie merupakan minuman kesehatan terbuat dari campuran sayuran dan buah-buahan yang di blender terkadang bersamaan dengan susu atau pun yogurt.

Minuman ini sudah menjadi tren di masyarakat sejak lama, karena kandungan smoothie yang kental kaya akan serat dapat menjadi pengganti sarapan atau quick meal di pagi hari. Siapa sangka dengan rutin mengkonsumsi minuman ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus pencegah coronavirus atau Covid-19, serta menjaga berat badan yang ideal. 

Kandungan yang ada pada Smoothie juga bisa di gunakan untuk detoksifikasi, sehingga racun yang ada pada tubuh akan menghilang. Dengan meminum smoothie, seseorang akan lebih mudah untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah yang banyak secara bersamaan.

Menurut dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Elang Medika Corpora (EMC) Tangerang, dr. Kristina Joy Herlambang, BMedSci, MGizi, Sp.GK, cara meminum smoothie yang baik yaitu, jika itu buah, maka tidak perlu menambahkan gula ke dalamnya karena di dalam buah sudah mengandung fruktosa.

"Smoothie yang berasal dari buah seharusnya tidak memerlukan gula tambahan, karena terdapat gula buah (fruktosa) di dalam buah-buahan tersebut,” kata Kristina seperti melansir Woop.id, belum lama ini.

Sementara itu, akibat merebaknya Covid-19, banyak masyarakat yang kini berbondong-bondong mencari vitamin serta suplemen untuk tubuh, sehingga stok-nya habis karena persediaannya yang telah terbatas. Tanpa kita sadari, sebenarnya ada cara lain lebih enak untuk menambah sistem kekebalan, tidak hanya mengkonsumsi vitamin jika ingin memperkuat sistem imun dalam tubuh, bahkan bisa dengan mencoba membuat smoothie di rumah.

Selain kaya akan serat, smoothie yang berbagai varian rasa memiliki kandungan nutrisi, vitamin serta mineral baik untuk kekebalan tubuh. Di minum saat dingin juga lebih menyegarkan loh Sahabat Tani. Nah untuk membuat smoothie berry blast, Sahabat Tani dapat mengikuti tips dari Life in the Lofthouse.

Pertama sediakan bahan-bahannya seperti 235 mililiter yogurt plain, 128 gram mix berries, strawberry dan blueberry atau dapat di campur dengan raspberry atau blackberry, tambahkan satu sendok makan ekstrak vanilla, satu sendok makan biji chia, dan es batu secukupnya. Cuci bersih semua berry, lalu masukkan ke dalam blender. Setelah itu nyalakan mesin, blender semua bahan sampai halus. Lalu tuang ke dalam gelas tambahkan madu jika kurang manis. Sajikan selagi dingin. 

Related News