• 5 Maret 2021

Hand Sanitizer dari Daun Sirih

uploads/news/2020/03/hand-sanitizer-dari-daun-8004705a75c2c44.jpg
SHARE SOSMED

Kalau mau lebih mudah dan alami, masyarakat bisa menggunakan daun sirih untuk anti bakteri atau hand sanitizer.”

JAKARTA - COVID-19 atau yang di kenal dengan virus corona kini menjadi teror mengerikan bagi masyarakat di seluruh dunia. Virus corona merupakan kumpulan virus yang menyerang saluran sistem pernapasan. Banyak masyarakat yang takut terinfeksi dengan virus ini dikarenakan belum ditemukannya obat dari virus tersebut.

Apa lagi, virus corona dapat menginfeksi siapa saja yang berinteraksi secara langsung dengan orang yang sudah positif terinfeksi. Selain itu, juga memiliki efek yang lebih berbahaya bila terjadi pada orang yang sedang sakit, seperti orang lanjut usia atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Virus corona ini memiliki gejala umum seperti demam, batuk dan sesak napas.

Kini virus corona mulai menyebar di seluruh dunia salah satunya di Indonesia. Banyak dari masyarakat di Indonesia yang mulai panik serta berbondong-bondong membeli hand sanitizer dan masker untuk mencegah virus corona. Dikarenakan melonjaknya pembeli, kini hand sanitizer dan masker sangat sulit dicari dan harganya pun meningkat hingga puluhan kali lipat dari harga normal.

Untuk mengatasi kelangkaan hand sanitizer, Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Dr. Retno Sari M.Sc., Apt., memberi tips bagaimna cara membuat hand sanitizer. Menurut Retno Sari, untuk membuat hand sanitizer dibutuhkan bahan seperti alkohol, glycerol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan pelembab agar tangan tidak kering, dan aquadest.

“Komposisinya untuk alkohol sekitar 70%, glycerol 15%, dan sisanya aquadest,” tandasnya dalam keterangan tertulis UNAIR belum lama ini.

Baca juga: Jahe Merah Mencegah Virus Corona?

Jika dihitung kadar masing-masing, sambungnya, dibutuhkan alkohol 73 mililiter, glycerolnya 15 mililiter, dan aquadestnya 12 mililiter. Komposisi itu, lanjutnya, akan menghasilkan hand sanitizer 100 mililiter. Perihal cara pembuatannya, pertama karena glycerol sedikit kental harus diencerkan dulu dengan aquadest. Setelah sedikit encer, alkohol baru dimasukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga semua bahan menyatu.

Selanjutnya, hasil dari campuran tersebut sudah bisa digunakan untuk hand sanitizer. Tidak hanya itu, agar mudah dibawa hand sanitizer bisa dimasukan dalam wadah spray.

“Jadi tinggal di semprot-semprot saja,” ujarnya.

Ia juga menyinggung jika bahan-bahan tersebut bisa kosong di pasaran. Pasalnya, masyarakat juga sudah mulai memborong alkohol. Meski demikian, Retno Sari menawarkan alternatif bahan lain yang bisa digunakan untuk hand sanitizer, yaitu dengan rebusan ekstrak daun sirih.

“Kalau mau lebih mudah dan alami, masyarakat bisa menggunakan daun sirih untuk anti bakteri atau hand sanitizer,” tuturnya.

Baca juga: Minyak Kelapa Diklaim Cegah Coronavirus

Ia juga menjelaskan cara pembuatan hand sanitizer dari daun sirih. Pertama, daun sirih terlebih dahulu dipotong-potong kasar dan dimasukkan pada wadah. Kemudian, ambil panci yang di isi dengan air lalu didihkan. Selanjutnya, letakkan wadah berisi daun sirih tersebut di atas air mendidih dan panaskan hingga 30 menit sampai keluar ekstrak daun sirihnya.

“Ekstrak yang ada tidak harus digunakan semuanya. Ambil seperlunya, misal 10 mililiter saja lalu diencerkan dengan air. Larutan ini sudah bisa digunakan sebagai hand sanitizer dan tinggal disemprotkan,” pungkasnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App