• 30 Maret 2020

Upaya Kota Tangerang Kembangkan Peternakan

SHARE SOSMED

Nantinya, bisa jadi percontohan bagi kelompok peternak yang masih pemula.

TANGERANG - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Tangerang terus memberikan perhatian kepada masyarakat yang hendak mengembangkan usaha dalam bidang peternakan hewan. Salah satunya dengan melakukan percontohan ternak kepada kelompok peternak yang mulai bermunculan di masyarakat. Untuk itu, Dispangtan Kota Tangerang membangun Unit Peternakan Percontohan Kambing Peranakan Etawa yang berlokasi di belakang Komplek Pergudangan Bandara Mas, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Provinsi Banten, yang telah dibuka sejak 2015.

“Jumlah kambing di sini pada awalnya hanya ada tiga ekor, kemudian sekarang sudah mencapai 100 ekor lebih yang kami rawat. Nantinya, bisa jadi percontohan bagi kelompok peternak yang masih pemula. Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak pun sering berkunjung kesini untuk edukasi dan bahkan PKL,” ucap Aan, karyawan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pertanian Kota Tangerang saat ditemui JagadTani.Id belum lama ini.

Baca juga: Sukses Ternak Kambing karena Hobi

Tak hanya itu, Unit Peternakan Percontohan Kambing Peranakan Etawa yang berseberangan dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) ini juga memberikan pendidikan dan pelatihan tata cara beternak kambing perah. Lalu memberikan vitamin dan obat kepada kambing dan domba yang sedang di pelihara.

“Awal mulanya, kambing dan domba yang ada di sini berasal dari daerah Bogor, Garut. Kemudian berkembang biak jadi sebanyak ini. Jenis kambing dan domba yang di sini itu jenis yang kuat dengan hawa panas, karena di sini memang cuacanya panas sekali. Contohnya seperti kambing boer dari Garut itu, daya tahan tubuhnya kuat dengan cuaca panas,” ucap pria asal Ciamis ini.

Baca juga: Boer, Kambing Kekar asal Afrika

Aan juga menambahkan, kambing dan domba yang dipelihara oleh Dispangtan Kota Tangerang ini pun dirawat dengan teratur. Pria yang telah bekerja selama kurang lebih empat tahun ini merawatnya secara rutin seperti memberi makan dua kali dalam satu hari. Harapannya, kambing dan domba yang dirawatnya dapat menjadi percontohan yang baik bagi masyarakat sekitar.

“Harapannya, semoga masyarakat mulai banyak yang ternak kambing dan domba yang sehat-sehat. Mengenal baik cara merawat hewan ternak dari percontohan peternakan ini,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App