• 28 September 2021

Bupati Bateng Apresiasi KWT Mentari

uploads/news/2020/03/bupati-bateng-apresiasi-kwt-979361a158fbd5f.jpg
SHARE SOSMED

Banyak sekali manfaat yang diambil kelompok wanita tani ini.”

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, mengapresiasi kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dicanangkan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Mentari, Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Banyak sekali manfaat yang diambil kelompok wanita tani ini. Mereka sudah memusatkan tanaman-tanaman sayuran untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu juga, tidak hanya untuk konsumsi mereka saja, tetapi hasilnya sudah bisa dijual untuk membantu perekonomian keluarga,"ujarnya saat mengunjungi kebun milik KWT Mentari belum lama ini.

Baca juga: Misi Bateng jadi Kabupaten Organik

Keseriusan KWT Mentari, lanjutnya, bisa terlihat dari kesinambungan usaha ini. Menurutnya, mereka memiliki kebun induk bibit yang sudah di siapkan. Artinya, bila masa panen, sudah ada tanaman yang akan ditanam kembali.

"Mereka punya kebun bibit induk sendiri, ini merupakan bukti keseriusan dalam mengelola usaha ini dan bisa dijadikan contoh oleh kelompok tani wanita lainnya bagaimana mengelola perkebunan sayuran dengan baik dan benar," tuturnya.

Selain itu, hampir semua Desa yang ada di Bangka Tengah mempunyai KWT seperti ini. Namun untuk saat ini, KWT Mentari Desa Nibung-lah yang terbaik. Karena itu, pihak pemkab pun memberikan dukungan melalui dana APBD dan APBDes.

"Kami memberi dukungan melalui dana APBD dan APBdes. Saya sangat berharap, ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan, tapi terus di kembangkan usaha-usaha yang memang bisa menambah pendapatan keluarga. Tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumsi saja, tapi ke depan kita berpikir bagaimana untuk menambah pendapatan keluarga. Terus semangat dan berbagi ilmu, jadikan ilmu bermanfaat. Jangan pelit ilmu!" tegasnya.

Baca juga: Bateng jadi Kawasan Cabai&Bawang Merah

Dirinya juga berpesan kepada dinas terkait, untuk terus memberikan dukungan dan perhatian kebutuhan KWT ini dan juga penyuluh memberikan pendampingan sampai betul-betul sukses.

"Perhatikan terus kebutuhan KWT ini, dan penyuluh dampingi sampai benar-benar sukses serta mandiri," pungkasnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App