• 7 Agustus 2020

Meraup Laba dari Arwana

uploads/news/2019/10/meraup-laba-dari-arwana-89563f7b3f62ce3.jpg
SHARE SOSMED

Dengan bentuk dan warnanya yang indah, bisnis budidaya ikan arwana menjadi peluang usaha yang menggiurkan bagi Fajar Shodiq

 

MAGELANG - Bagi kebanyakan orang, Ikan Arwana telah menjadi salah satu primadona. ikan yang cukup banyak di temui di Indonesia ini termasuk dalam jenis ikan air tawar. Selain bentuk dan warnanya yang indah, ikan arwana juga memiliki harga yang cukup fantastis. Hal ini yang Fajar Shodiq lihat sebagai peluang usaha untuk membudidayakan ikan arwana.

Sudah hampir 9 tahun lamanya, Fajar Shodiq atau yang kerap disapa Shodiq ini membudidayakan berbagai macam jenis ikan arwana mulai dari silver brazil, super red, Kalimantan, dan masih banyak lagi. Terdapat hampir ratusan ikan arwana yang dipelihara di

Banyaknya ikan arwana membuat Shodiq menggunakan kolam sebagai media untuk membudidayakan ikan arwana. Hal ini supaya ikan arwana dapat berkembang dengan baik. Selain itu, terdapat 10 sekat kolam untuk tempat pembudidayaan ikan arwana. Kolam - kolam tersebut digunakan untuk memisahkan usia dan jenis ikan arwana yang ada.

“Memakai kolam yang besar ini, nanti akan menghasilkan ikan arwana berukuran besar dengan nilai jual tinggi,” ujar Shodiq.

Menggunakan kolam, harus memperhatikan kondisi air yang terdapat di dalam kolam tersebut. Ikan arwana terbiasa hidup di air dengan kondisi cenderung bersih dan sedikit berarus. “Kondisi air di dalam Ph 6 hingga 7 dengan sistem pompa untuk bantu air kolam terus mengalir dan ganti dengan arus yang kecil,” ujar Shodiq lelaki beranak tiga ini.

Shodiq biasanya memberikan katak sebagai pakan ikan arwana, atau memberi pakan yang memiliki protein lebih tinggi. Hal ini, untuk menghasilkan ikan dengan tubuh yang padat dan subur. Ikan Arwana yang siap jual yakni memiliki panjang 25 cm hingga 40 cm. Tak heran, jika hasil yang didapat Shodiq dari usaha budidaya ikan arwana ini cukup menguntungkan.

Bayangkan saja, satu ekor arwana dewasa saja, Shodiq mampu menjual ke pasaran sebesar Rp5 juta hingga Rp15 juta. Hasil pembudidayaan ikan Arwana ini juga sudah menembus pasar Internasional. Meningkatnya permintaan pasar, membuat bisnis budidaya arwana ini berkembang pesat.

“Usaha ini masa depannya masih panjang, karena permintaan pasarnya masih cukup luas. Dari tahun ke tahun, kami selalu nambah dan nambah terus,” ujar Shodiq. (AR)

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App