• 9 Agustus 2020

Upaya Kota Tangerang Kembangkan Perikanan

SHARE SOSMED

Semoga saja masyarakat dapat lebih berkembang di bidang sektor perikanan.”

TANGERANG - Indonesia dikenal dengan lautnya yang mempesona dan hasil lautnya yang melimpah. Hal ini membuat pemerintah Indonesia memutuskan akan mengembangkan bidang sektor budidaya perikanan selama lima tahun ke depan, sebagai salah satu program prioritas untuk sektor kelautan dan perikanan. Untuk mengejar produksi perikanan budidaya secara nasional, salah satu target yang dilakukan dengan cara memberikan bibit perikanan kepada kelompok tani yang mulai bermunculan di masyarakat.

Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan (Dispangtan) Kota Tangerang mengadakan kegiatan pembinaan dan pengembangan perikanan tahun anggaran 2017, berlokasi di belakang Komplek Pergudangan Bandara Mas, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Banten yang telah dibuka sejak 2015 silam.

“Sebagai percontohan, di sini ada bibit ikan nila dan ikan lele. Kalau ada warga atau masyarakat yang membutuhkan bantuan bibit ikan dari pemerintah, bisa juga melalui tempat ini dengan mekanisme melalui pengajuan proposal ke kantornya langsung dan diperuntukan kelompok pembudidaya, bukan untuk keuntungan perorangan,” Ucap Jamal, karyawan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pertanian Kota Tangerang saat ditemui tim JagadTani.Id belum lama ini.

Baca juga: Budidaya Cacing Sutera Sistem Apartemen

Kawasan yang berseberangan dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) ini juga seringkali menjadi tempat tempat belajar masyarakat mengenai dunia perikanan. Tak hanya orang dewasa yang datang untuk belajar ke tempat ini, anak-anak pun seringkali meramaikan tempat ini. Mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga yang sedang melakukan Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) siswa-siswi di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya yang ada di bidang perikanan.

“Di sini banyak sekali yang mengunjungi untuk belajar, dari yang kecil sampai yang sudah menjadi orang tua. yang ikut PKL juga banyak, mereka yang ingin belajar dan rumahnya jauh pun juga disediakan mess disini, jadi bisa menginap. Intinya niatnya baik ingin belajar,” ucap pria asal Bandung itu.

Baca juga: Mengoptimalkan Sumber Daya Laut Natuna

Jamal juga menjelaskan, bibit ikan yang disediakan oleh Dispangtan Kota Tangerang juga bukan bibit sembarangan. Ia merawat bibit ikan-ikan secara rutin seperti menguras airnya setiap dua kali dalam satu minggu. Harapannya, bibit-bibit ini dapat menjadi bibit sehat yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat sekitar

“Semoga saja masyarakat dapat lebih berkembang di bidang sektor perikanan. Sayang kan, kalau indonesia dikenal dengan lautnya yang kaya namun masyarakatnya sendiri belum sejahtera dengan hasil dari kekayaan yang kita miliki,” tutupnya. 

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App