• 7 Agustus 2020

Kampus Pemilik Klub Kuda Pertama

uploads/news/2020/01/kampus-pemilik-klub-kuda-92897ce98a80091.jpeg
SHARE SOSMED

Bertempat di kawasan Gunung Bundar, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terdapat kandang kuda bernama JB Stable yang dimiliki Universitas Budi Luhur.

BOGOR - Universitas Budi Luhur (UBL) menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki klub berkuda. Ditambah, kuda-kuda tersebut merupakan milik UBL sendiri. Saat ini, jumlah kuda milik UBL di JB Stable kurang lebih 20 ekor. Sebagian besar merupakan kuda yang memiliki ketangkasan (equestrian) dari Belanda atau Jerman (warmblood).

Dari keseluruhan kuda tersebut, sekitar tiga tahun yang lalu, 16 ekor lainnya dialokasikan di kandang (stable) mereka di kawasan Gunung Bundar, Bogor. Sebanyak tujuh kuda 'disimpan' di kandang mereka yang terletak di bagian belakang kampus utama UBL, di jalan Ciledug Raya, Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Namun karena keterbatasan tempat, semua kudanya saat ini disimpan kembali di vila kawasan Gunung Bundar, Kabupaten Bogor. Salah satu kuda yang menarik perhatian yaitu Bitli, kuda berumur 13 tahun ini mempunyai kulit yang cantik dan eksotis.

Baca juga: Balada Mengurus Ratusan Kelinci

“Namanya Bitli, dia jinak kok setiap hari selalu olahraga tidak pernah terlewat, sering juga ikut lomba. Selain bitli, masih banyak belasan kuda lain nya milik budi luhur yang dirawat disini, kalau ada pengunjung biasanya suka, diperbolehkan naik,” jelas Poce selaku pelatih kuda milik Yayasan Budi Luhur Cakti.

Para pengunjung yang kebanyakan mahasiswa atau masyarakat sekitar yang ingin menunggang kuda juga diperbolehkan di sini. Kuda yang dirawat pun setiap pagi selalu dilatih oleh Poce.

Baca juga: Rockwool, Media Tanam yang Hits

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App