• 27 September 2020

Larisnya Kerang Jelang Akhir Tahun

SHARE SOSMED

Harga kerang yang melonjak naik menjelang malam pergantian tahun baru, tak menyurutkan para pembeli di Pasar Ikan Kamal Muara.

JAKARTA - Di penghujung tahun, masyarakat berbondong-bondong memburu makanan seafood sebagai pelengkap masa perayaan tahun baru. Salah satu yang diincar yaitu kerang. Harga kerang yang melonjak naik menjelang malam pergantian tahun baru, tak menyurutkan para pembeli di Pasar Ikan Kamal Muara, Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Nadira (38), pedagang kerang, mengungkapkan beberapa jenis kerang yang mengalami kenaikan harga, seperti kerang hijau, kerang bulu dan kerang dara. Misalnya, harga kerang ukuran kecil per ember dikenakan sebesar Rp8.000 dan harga kerang  ukuran besar per ember dikenakan Rp10.000

“Saat malam tahun baru biasanya bisa naik 30-40%, tergantung harga yang kita beli dari pemasok memberikan harga awalnya berapa. Walaupun harga kerang naik saat malam tahun baru, tetap saja di sini pasti laku terus. Banyak orang dari kota-kota jauh yang datang ke sini, ramai, sampai habis semua. Biasanya mulai banyak berdatangan itu dua atau satu hari sebelum malam tahun baru. Pembeli rata-rata mencari kerang hijau, kerang bulu, kerang dara, dan juga kepiting,” ujar wanita beranak satu itu saat ditemui JagadTani.id belum lama ini.

Nadira juga menuturkan, biasanya di momen tahun baru para nelayan kerang yang memiliki alat penggaruk kerang dapat meraup untung besar. Menurutnya, sekali garuk, nelayan tersebut bisa memanen kerang hingga satu kuintal.

“Kalau saya tidak memasok sendiri. Biasanya, beli dari pemasok yang datang ke sini. Beli sekitar tiga karung lah. Untung kotor per karungnya pun tidak seberapa. Hanya saja, jika sedang malam tahun baru untungnya lumayan,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App