• 27 September 2020

Aldabra, Kura-kura Terbesar di Dunia

uploads/news/2019/12/aldabra-kura-kura-terbesar-di-50108fafd60b4f4.jpg
SHARE SOSMED

Ada kura-kura terbesar di dunia di Kota Depok, Jawa Barat.

DEPOK Kura-kura darat yang satu ini mempunyai panjang karapas (tempurung) mencapai 90-140 sentimeter, berat tubuh mencapai 160-250 kilogram dan disebut-sebut sebagai kura-kura terbesar di dunia. Ya, kura-kura  ini berjenis aldabra atau bernama latin Aldabrachelys gigantea. Ia dapat hidup 80-12 tahun dan memiliki karapas besar berbentuk kubah. Biasanya, tubuh dan karapas kura-kura jantan lebih besar dibanding betina.

“Biasanya orang yang punya kura-kura aldabra memberi makannya yang mahal-mahal yang biasa beli di toko makanan hewan, padahal sebenarnya aldabra lebih suka makanan yang seperti sayur-sayuran, rumput, kalau dia ini paling suka kacang Panjang,” kata Saiful pengurus Taman Edukasi Godongijo, saat ditemui JagadTani.Id, di Jl. Cinangka Raya KM 10, No. 60, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Senin (23/12) kemarin.

Baca juga: Misteri Asal-Usul Ayam Cemani

Selain itu, aldabra juga biasanya memiliki karapas berwarna abu-abu atau hitam. Tubuhnya memiliki warna yang sesuai dengan warna karapas nya dan memiliki leher yang panjang. Lehernya berfungsi untuk membantu saat memakan daun-daun dari pohon yang lebih tinggi dari tubuhnya. Ia juga termasuk jenis hewan eksotermal yaitu hewan yang menyerap panas tubuh dari luar.

“Kura -kura ini aktifnya pagi dan sore hari kurang dari empat jam, waktu selebihnya digunakan untuk beristirahat,” tambahnya.

Hewan ini juga merupakan pemakan tumbuh-tumbuhan, bagian tumbuhan yang dimakan meliputi batang, tangkai, daun, pucuk daun, buah, bunga dan biji-bijian. Di tempat asalnya, Pulau Atol Aldabra, saat musim semi kura-kura di sana memakan berbagai jenis rumput-rumputan dan bunga-bunga. Saat musim kering, kura-kura aldabra dapat memakan apa saja, termasuk serangga maupun arthropoda.

Baca juga: Kisah Laron di Musim Hujan

Kura-kura aldabra juga termasuk jenis kura-kura darat terbesar. Kura-kura ini hidup di berbagai macam habitat, antara lain hutan dataran rendah, rawa bakau, pantai dan padang rumput. Kura-kura aldabra biasanya banyak ditemukan di daerah padang rumput, karena terdapat sumber makanan yang banyak. Hewan ini tersebar di Pulau Atol Aldabra, dan Pulau Changuu dekat Zanzibar.

“Sekarang umurnya sudah 25 tahun, saya sudah rawat dari umur lima tahun kurang lebih, dia masih bisa lebih besar lagi. Biasanya, kalau dielus langsung berdiri, banyak juga anak-anak yang naik di atasnya, tapi kadang saya suka kasihan kalau terlalu sering dinaiki, takutnya stres,” tutup Saiful.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App