• 16 April 2021

OKU Realisasikan Program “Serasi”

uploads/news/2019/12/oku-realisasikan-program-serasi--29149c37d1614f0.jpg
SHARE SOSMED

OGAN KOMERING ULU - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan, memanfaatkan area rawa menjadi lahan pertanian melalui Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) bagi kelompok tani di wilayah itu.

“Kegiatan Serasi yang kami laksanakan hari ini di Desa Kedaton Timur, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) tersebut untuk mengajak petani agar memanfaatkan area rawa yang ada untuk dijadikan lahan pertanian,” kata Kepala Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu, Joni Saihu, seperti melansir ANTARA, Kamis (12/5) kemarin.

Joni mengatakan, kegiatan Serasi ini merupakan program unggulan dari Kementerian Pertanian yang dilaksanakan pada 2019 dalam rangka meningkatkan produksi padi dengan memanfaatkan potensi lahan rawa di wilayah setempat.

“Memang banyak kendala yang dihadapi petani dalam mengembangkan pertanian padi di lahan rawa ini, terutama dari sisi perairan karena air yang tergenang di areal ini harus dikeluarkan dulu untuk dijadikan tempat bercocok tanam,” ujarnya.

Selain itu, kendala lainnya yaitu adanya tingkat keasaman tanah yang masih sangat tinggi, sehingga pemerintah pusat melalui Dinas Pertanian OKU memberikan bantuan dolomit atau kapur pertanian, guna mengurangi tingkat keasamannya. Melalui kegiatan Serasi ini, kata Joni, pihaknya juga telah membuat sejumlah kanal atau siring dengan tujuan pembuangan air dapat dilakukan dengan cepat apabila terjadi hujan sehingga tidak menimbulkan genangan air di area rawa.

“Dengan upaya ini mudah-mudahan sawah rawa bisa digarap sepanjang tahun, baik saat kemarau maupun musim hujan. Dengan begitu, petani tidak hanya bisa menanam padi sekali dalam setahun, tetapi dua atau tiga kali setiap tahunnya,” tuturnya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan Seraasi ini pihaknya fokus pada perbaikan infrastruktur jaringan tata air, tanggul, jalan usaha tani, pintu air, pompanisasi, alsintan, saprodi, serta escavator.

“Melalui Program Serasi ini diharapkan mampu menjadikan lahan rawa pasang surut sebagai lumbung pangan Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten OKU,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati OKU, Kuryana Aziz, memberikan apresiasi kepada masyarakat kelompok tani di Desa Kedaton Timur atas peran aktifnya dalam mensukseskan program Serasi.

“Alhamdulillah, ratusan hektare lahan di OKU yang dulunya dipenuhi semak belukar dan kayu gelam saat ini berubah menjadi lahan persawahan. Bahkan, jalur irigasinya juga tertata rapi di sekitar lahan pertanian petani,” ungkapnya.

Menurut Kuryana, keberhasilan program pengembangan lahan rawa ini dapat berhasil jika didukung oleh semua pihak terkait yang tidak hanya mendukung dalam pengelolaan secara fisik saja, namun juga proses pengawalan dan pendampingan yang baik. Oleh karena itu, untuk mensukseskan program ini dibutuhkan sistem pengendalian yang baik, sehingga mutu kegiatan dapat terkontrol dan output serta sasaran program dapat tercapai.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App