• 4 April 2020

Silkie, Ayam Bernilai Jutaan Rupiah!

uploads/news/2019/12/silkie-ayam-bernilai-jutaan-354812b34dead79.jpeg
SHARE SOSMED

Ayam yang satu ini berbeda dengan ayam pada umumnya, apa ya perbedaannya?

JAKARTA SELATAN - Berawal dari hobi, Danang warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan sukses membudidayakan ayam asal Cina yaitu ayam silkie atau ayam sutra. Sesuai namanya, ayam ini memiliki bulu  yang halus seperti sutra. Selain itu, fisik ayam ini juga tidak seperti ayam pada umumnya. Jika ayam pada umumnya memiliki empat cakar di setiap kaki, ayam ini justru memiliki lima cakar. Setelah itu, ayam ini juga memiliki kulit dan tulang berwarna hitam, dan cuping telinga berwarna biru.

“Kalau fisik itu dari bulu nya dia lembut, seperti kain sutra makanya (disebut) ayam silkie,” kata pria berumur 43 tahun tersebut.

Baca juga: Peternak Ayam Tidak Takut Isu

 

Selain itu, ayam sutra ini biasanya sering diikutsertakan ke dalam pertunjukan pesta dan tersedia dalam berbagai warna. Selain dari tampilan luar yang berbeda, ayam sutra juga dikenali karena pembawaan yang tenang dan ramah. Selain itu, ayam ini juga terkenal karena jinak. Ayam betinanya juga sangat suka mengeram telur dan pandai menjaga anak.

Ditambah, ayam ini hanya bertelur sedikit yaitu sekitar tiga butir seminggu. Biasanya, ayam sutra sering digunakan untuk mengerami telur ras ayam atau unggas lainnya karena sifatnya yang perinduk atau suka mengeram. Selain bentuknya yang lucu dan unik ayam silkie juga dikenal dengan harga jual yang tinggi.

Baca juga: Gurihnya Beternak Ayam Joper

 

Danang menyebut, dalam merawat ayam sutra tergolong mudah. Dalam sehari-hari, Danang selalu memberi makan ayam tersebut dengan menggunakan katul yang dicampur dengan sayur. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kondisi tubuh ayam tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Karena keberadaannya di Indonesia semakin langka, membuat harga ayam silkie menjadi sangat tinggi.

 Untuk ayam yang masih berumur dua hingga tiga minggu misalnya, harganya bisa mencapai Rp500.000, sedangkan untuk usia ayam lebih dari dua bulan harganya bisa mencapai Rp3 juta. Karena harganya yang mahal, ayam silkie juga tidak bisa dijual sembarangan dan hanya dijual kepada penggemar ayam ini.

Dalam membudidayakan ayam sikie, Danang mengaku ia bisa menghasilkan omzet hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Mengingat potensi bisnis dan harganya yang mahal, Danang pun berharap nantinya banyak peternak yang akan membudidayakan ayam sutra ini.

“Penjualan selama ini saya lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, kadang kalau ada penggemar sesama ayam silkie langsung datang ke rumah,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App