• 29 March 2024

Menikmati Kopi Di Malioboro

uploads/news/2019/09/ketika-kopi-budaya-dan-917272770643030.jpeg

Malioboro Coffee Night (MCN) yang ketiga kembali digelar di Kota Yogyakarta. Ketua panitia, Anggi Dita mengklaim acara MCN kali ini akan berbeda dari tahun sebelumnya.

 

YOGYAKARTA - Dalam menyambut hari jadi kota Yogyakarta ke 263 tahun, Internasional Cofee Day & Hari Batik Nasional, Komunitas Kopi Nusantara mengadakan festival kopi bertajuk Malioboro Coffee Night (MCN). Sekedar info, MCN sendiri sudah berjalan selama tiga tahun, setiap tahunnya selalu memiliki karakter event yang berbeda dengan dihadiri peserta penggiat kopi dari hulu ke hilir.

Nantinya, MCN tahun ini akan dibagi menjadi tiga titik kegiatan, mulai dari bagian utara yaitu LOKO Coffee Shop, Malioboro Mall, dan Kepatihan dengan total peserta yang mengikuti berjumlah 120 penggiat kopi dari seluruh Indonesia.

Event ini sendiri bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas, jika Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah tinggi dengan kopi dari belahan dunia lainnya, karena memiliki beragam cita rasa sehingga menjadi karakter unik sebagai kopi Indonesia.

“Kami memiliki harapan besar, dengan digelarnya event MCN, semakin mempertegas bahwa Yogyakarta telah mampu memposisikan diri sebagai kota dengan apresiasi terbaik untuk dunia kopi dan tetap konsisten menjadikan Yogyakarta sebaga Kota Wisata Kopi Dunia,” tulis Ketua Panitia MCN Anggi Dita dalam rilisnya belum lama ini.

Tak hanya itu, bersamaan dengan Hari Batik Nasional yang diselenggarakan dalam MCN tahun ini, Anggi meminta seluruh peserta, panitia, serta elemen masyarakat yang hadir agar dapat menggunakan pakaian atau aksesoris bertemakan batik. Selain itu, MCN juga akan mengadakan beberapa pre-event yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Seperti Bursa Kopi, yang mengakomodasi kepentingan petani dan prosessor untuk memperkenalkan kopi dari daerah mereka masing-masing. Sehingga, masyarakat dapat membeli hasil olahan atau produk green bean di acara tersebut yang dimulai pada 30 September 2019 hingga 1 Oktober 2019 di LOKO Coffee Shop, Yogyakarta.

Setelah itu, ada acara dialog bertajuk “Diplomasi Kopi Regional” yang akan mengundang tokoh-tokoh masyarakat seperti: pejabat, pengusaha, penggiat kopi, budayawan, seniman, hingga berbagai komunitas, untuk saling bertukar pikiran demi kemajuan kopi Indonesia. Acara ini rencananya akan diselenggarakan pada 30 September 2019 hingga 1 Oktober 2019 di LOKO Coffee Shop, Yogyakarta.

Tak ketinggalan, di MCN tahun ini juga dihadiri peserta dari Negeri Matahari Terbit, Jepang, yaitu perusahaan mesin kopi Fuji Tech yang akan memperkenalkan produk mesin kopi mereka. Lalu ada juga ada kompetisi Jogja Aeropress Championship yang juga diselenggarakan pada 30 September 2019 hingga 1 Oktober 2019 di LOKO Coffee Shop, Yogyakarta.

Pada puncak acara, MCN akan dihadiri oleh penyanyi sekaligus penggiat kopi, Katon Bagaskara, Langit Sore, Toni Wahid yang merupakan pengamat kopi sekaligus pemilik Cikopi.com, budayawan, hingga para seniman. Mereka akan berbincang, menikmati kopi, hingga bernyanyi bersama masyarakat di Malioboro Mall.

Pada 2 Oktober 2019, MCN juga akan menyelenggarakan sesi kopi gratis (free cup coffee) mulai pukul 21.00 malam hingga 03.00 pagi. Di acara ini akan diadakan kopi gratis bagi masyarakat yang berkunjung di acara MCN. Selain itu, masyarakat juga dapat membeli kopi para peserta coffee shop yang ikut meramaikan acara tersebut.

Related News