• 4 April 2020

Jangan Tebang Pohon Manggis Tua!

uploads/news/2019/12/jangan-tebang-pohon-manggis-15609fcb79970cb.jpg
SHARE SOSMED

Pohon manggis yang usianya tua itu masih produktif. Bahkan, sudah jadi varietas yang tersertifikasi oleh Kementerian Pertanian.”

PURWAKARTA - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengimbau, agar para petani tidak menebang pohon manggis yang sudah tua, karena harus dilestarikan. Dirinya mengatakan, pohon manggis di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, masuk ke dalam varietas Wanayasa dan sudah terdaftar secara resmi di Kementerian Pertanian. Karena itu, lanjutnya, keberadaan pohon manggis tua harus dilestarikan, antara lain dengan cara tidak menebang pohon manggis yang sudah berusia tua.

“Pohon manggis yang usianya tua itu masih produktif. Bahkan, sudah jadi varietas yang tersertifikasi oleh Kementerian Pertanian,” katanya seperti melansir ANTARA, Senin (2/11) kemarin.

Anne menyebut, untuk meningkatkan produktivitas dari pohon yang sudah tua itu, perlu perlakuan khusus. Seperti perbaikan pemupukan, agar tanah di lahan perkebunan kembali subur. Saat ini, di Purwakarta terdapat 154.000 pohon manggis yang tersebar di empat kecamatan dengan luas 1.500 hektarem diantaranya di Kecamatan Wanayasa, Kiarapedes, Bojong, dan Darangdan.

Kebanyakan pohon manggis itu berusia cukup tua dan setiap panen raya, manggis asal Purwakarta itu tak hanya dikonsumsi di pasar dalam negeri, namun juga diekspor ke pasar global. Rata-rata produksi buah manggis saat panen raya sekitar 47 ton per hektare.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App