• 29 March 2024

Inilah Alasan Mengapa Aglaonema Mahal

uploads/news/2022/01/inilah-alasan-mengapa-aglaonema-2043311345a3f76.JPG

"Karena ada beberapa Aglaonema yang baru disilangkan dan baru diperkenalkan ke publik, tentu hal tersebut membuat harga Aglaonema menjadi mahal"

Sahabat Tani, Aglaonema memang bisa dikatakan sebagai tanaman hias yang cukup mahal. Pasalnya kita harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendapatkan tanaman yang memiliki julukan Ratu Daun tersebut. Untuk harga Aglaonema sendiri sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, hingga puluhan juta loh.

"Untuk harganya pun bervariasi mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, sampai yang puluhan juta juga ada," kata Kamal.

Sahabat Tani tahu tidak, kenapa harga Aglaonema cukup mahal, bahkan hingga mencapai puluhan juta? Hal tersebut dikarenakan ID dan keberadaan Agalaonema sendiri merupakan penyebab mengapa harga tanaman hias ini cukup mahal.

"Tergantung ID dan keberadaan barang, karena ada beberapa barang yang mahal karena tidak banyak beredar di pasaran," ujarnya.

Baca juga: Bertani Aglaonema Hingga Kirim ke Papua

Karena ada beberapa Aglaonema yang baru disilangkan dan baru dilaunchingkan, sehingga hal tersebut menjadikan harga Aglaonema menjadi mahal. Selain itu juga ada beberapa Aglaonema yang mudah diperbanyak dan ada pula yang sulit diperbanyak.

"Kenapa tidak banyak beredar? karena ada yang baru launching, ada yang baru dipersilangkan. Ada yang mudah untuk diperbanyak dan ada juga yang susah untuk diperbanyak," Katanya.

Aglaonema yang paling banyak diburu yaitu yang ID nya masih sedikit. Seperti Tanaman Agalaonema dengan ID Golden Hope ini, yang mencapai harga 20 juta.

Baca juga: Aglaonema, 'Tanaman Sultan' Asli Indonesia

"Nah biasanya yang susah di perbanyak itu yang lumayan tinggi harganya, dan yang ID nya masih sedikit juga banyak diburu. Contohnya yang tinggi harganya seperti Golden Hope, harganya bisa mencapai 20 juta," Ujarnya sambil memperlihatkan tanaman Golden Hope miliknya.

Golden Hope merupakan hasil persilangan dari beberapa benih bibit Agalaonema. Sehingga wajar jika harganya pun cukup mahal. Golden Hope dipersilangkan sekitar dua tahun yang lalu,

"Kenapa bisa tinggi, karena memang baru disilangkan sekitar dua tahun yang lalu ya, disilangkan dari beberapa benih bibit aglaonema atau tanaman aglonema," jelasnya.

Kamal mengatakan bahwa untuk menciptakan ID Aglaonema yang pada awalnya tidak ada menjadi ada merupakan suatu hal yang sangat sulit dan proses persilangan bibit Aglaonema memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Baca juga: Pentingnya Vitamin Untuk Aglaonema

Related News