• 29 March 2024

Rekomendasi Buah-buahan Terbaik Untuk Sarapan Pagi

uploads/news/2021/12/rekomendasi-buah-buahan-terbaik-untuk-6503370166f699d.jpg

“Sarapan di pagi hari memang paling bagus mengonsumsi buah-buahan. Asal, pilihlah buah-buahan yang jenisnya manis karena kalau yang asam bisa jadi agak mules”

Sarapan pagi seringkali identik dengan menu bubur ayam, sereal, soto, ketoprak, nasi kuning, nasi uduk, roti dan masih banyak lagi. Sarapan di pagi hari memang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, sehingga beberapa orang memilih sarapan hanya berdasarkan seleranya masing-masing. Dari sekian banyak menu yang bisa Sahabat Tani pilih, alangkah baiknya memilih buah-buahan segar sebagai menu sarapan di pagi hari.

Buah bagus untuk sarapan karena kaya akan vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan apapun yang dikonsumsi saat sarapan, ternyata juga berpengaruh pada sistem saluran pencernaan kita. Makanan yang baik nantinya akan memberikan energi yang cukup untuk tubuh. Mita Febriana, dokter umum di Klinik Harapan Raharja, Semarang, Jawa Tengah mengatakan mengonsumsi buah di pagi hari memang sangat disarankan.

“Sarapan di pagi hari memang paling bagus mengonsumsi buah-buahan. Asal, pilihlah buah-buahan yang jenisnya manis karena kalau yang asam bisa jadi agak mules,” ungkapnya kepada Jagad Tani melalui pesan singkat.

Baca juga: Rekomendasi Buah-buahan untuk Asam Lambung

Alumnus Universitas Islam Sultan Agung 2011 menjelaskan, buah di pagi hari juga bisa meningkatkan proses detoks tubuh. Mengonsumsi buah saat perut masih kosong merupakan salah satu pilihan yang terbaik untuk tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi buah nantinya Sahabat Tani bisa meningkatkan fokus, meningkatkan sistem kekebelan tubuh, perut kenyang, memperkuat jantung dan bisa menurunkan berat badan. Adapun beberapa jenis buah yang direkomendasikan oleh Mita sebagai berikut :

Pisang

“Salah satu jenis buah yang dikonsumsi untuk sarapan bisa pilih buah pisang,” kata Mita. Pisang merupakan buah yang kaya akan serar dan kandungannkarbohidrat. Pisang juga merupakan jenis buah yang mudah ditemukan. Konsumsi buah pisang saat sarapan bisa membuat Sahabat Tani tidak cepat lapar. Bagi penderita hipertensi, buah pisang juga bagus untuk menurunkan tekanan darah. Pisang bisa Sahabat Tani konsumsi secara langsung maupun dikombinasikan dengan sereal, oatmeal atau dijadikan smooties.

Baca juga: Makanan untuk Mengatasi Rasa Rindu 

Apel

Apel paling mudah untuk Sahabat Tani temui di manapun. Buah ini memiliki nutrisi yang melimpah dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Buah yang kaya serat ini bisa Sahabat Tani jadikan pilihan menu sarapan karena aman untuk lambung dan membuat Sahabat Tani kenyang dalam waktu yang lama. “Apel juga baik untuk dikonsumsi saat sarapan. Namun ada beberapa jenis apel yang asam, jadi sebaiknya pilih jenis apel yang manis. Kalau apel yang cocok untuk sarapan biasanya apel merah yang besar,” kata Mita.

Baca juga: Fakta Ibu Hamil Mengonsumsi Nanas

Pir

Selain pisang dan apel, pir bisa menjadi salah satu rekomendasi buah yang bagus untuk dikonsumsi saat sarapan pagi. Sahabat Tani bisa konsumsi pir dengan cara dimakan langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad buah. Mengonsumsi pir segar membantu menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular. “Pir juga sebaiknya pilih yang manis. Biasanya pir hijau yang agak kecil kehijauan atau pir yang ada warna kemerahannya itu aman dikonsumsi saat sarapan pagi,” tutupnya.

Related News