• 25 April 2024

Rahasia Memelihara Day Old Duck Hibrida

Ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan DOD. Faktor-faktor tersebut misalnya cara pemberian pakan, pencegahan penyakit, perawatan kandang dan kebutuhan air minum.

Merawat DOD atau Day Old Duck untuk tumbuh besar memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan dari para peternak agar nantinya hasil panen bisa sesuai dengan yang Sahabat Tani inginkan. Day Old Duck sendiri merupakan penyebutan bebek atau anak itik yang baru berumur satu hari.

Menurut Muhammad Syaugi, peternak bebek hibrida asal Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan DOD. Faktor-faktor tersebut misalnya cara pemberian pakan, pencegahan penyakit, perawatan kandang dan kebutuhan air minum. Ketiga faktor tersebut harus diperhatikan dengan baik karena sangat mempengaruhi masa panen serta bobot yang dihasilkan bebek sehingga menghindari dari kematian.

Baca juga: Tips Memilih Bibit Day Old Duck

Pria yang akrab dipanggil Syaugi, membeberkan beberapa tips memelihara DOD agar tumbuh dengan baik. “Pertama, ketika DOD baru saja datang, segera keluarkan dari box atau kardus. Kemudian biarkan dia adaptasi sampai beberapa jam. Setelah itu, kasih larutan stamina agar DOD segar kembali. Bisa berupa larutan gula pasir putih diaduk atau gula merah,” jelas bapak dua anak itu.

Syaugi mengatakan, DOD bisa didapatkan dari beberapa perusahaan pembibitan bebek hibrida. yang pasti, Sahabat Tani harus pastikan DOD yang diambil memenuhi kesesuaian Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Lembaga Sertifikasi Produk Benih dan Bibit Ternak. Sehingga ketika bebek datang ke peternakan Sahabat Tani tidak mengalami kecacatan fisik. Karena, kecacatan fisik ini nantinya akan mempengaruhi perkembangan bebek selanjutnya.

“Selanjutnya memperhatikan kandang DOD. Karena masih kecil, jadi dia sangat membutuhkan kandang yang hangat. Biasanya kalau bayi kan dihangatkan induknya, nah sebagai pengganti indukan mereka perlu penghangat buatan. Bisa menggunakan lampu bohlam kapasitas 5 watt,” imbuh pria berusia 46 tahun itu.

Baca juga: Tips Kandang Bebek Bebas Bau

Lebih lanjut syaugi mengatakan, perlu diusahakan meletakan beberapa tempat pakan yang cukup untuk dijangkau DOD sehingga semuanya mencapat jatah pakan secara merata. Usahakan juga untuk meletakkan tempat minum yang secukupnya agar DOD tidak tercebur kedalam tempat minum.

“Selanjutnya, perlu memperhatikan pemberian pakan. Tempat pakan sebaiknya harus selalu terisi. Jadi bukan seberapa rutin pemberian pakan, tapi ketersediaan pakan harus selalu ada. Kemudian jangan sampai ia tercebur karena kalau bebek hibrida sampai kena air malah akan beresiko penyakit,” ujar alumnus Universitas Parahyangan Bandung itu.

Baca juga: Kenali Penyakit pada Bebek

 

Related News